Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Transjakarta Akan Lakukan Uji Coba Bus Listrik di 2 Koridor Ini

Berita Otomotif

Transjakarta Akan Lakukan Uji Coba Bus Listrik di 2 Koridor Ini

JAKARTA - Warga Ibu Kota dalam waktu dekat bisa menjajal bus listrik sebagai transportasi umum. Pasalnya, Transjakarta baru saja melakukan pengadaan bus listrik dan mereka kini sedang mempersiapkan uji coba di dua koridor.

Transjakarta, seperti diumumkan dalam situs resmi mereka baru-baru ini, akan menggunakan dua merek bus listrik. Pertama adalah merek China BYD, sedangkan yang kedua adalah Mobil Anak Bangsa (MAB), merek dalam negeri kreasi mantan Panglima TNI Jendral (Purn) Moeldoko.

Sudah ada 3 bus tersedia, juga 4 perusahaan yang sudah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk penyediaan bus. Ada pula 5 operator yang sudah meneken MoU untuk mengoperasikan bus-bus tersebut dalam ujicoba dengan skema dari Transjakarta.

Koridor 1 dan 6
Saat ini ialah masa Pra-Ujicoba bus listrik Transjakarta. Pihak-pihak terkait masih menunggu proses perizinan untuk bisa mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan kepastian regulasi pemerintah untuk pengoperasiannya.

Adapun rentang waktu uji cobanya kelak adalah 6-12 bulan. Namun, belum dijelaskan kapan persisnya aktivitas ini akan dimulai.

Rute ujicoba yang diusulkan terdiri dari 2 koridor yaitu Koridor 1 (Monas - Bundaran) dan Koridor 6 (Ragunan - Kuningan) dengan waktu beroperasi mulai pkl.05.00 - 22.00 WIB. Selama masa yang sudah ditetapkan, Transjakarta bakal melihat dan mengevaluasi beberapa hal semisal waktu pengisian daya (sekitar 4 jam), waktu pengoperasian (kurang-lebih 17 jam sekali pengecasan), jarak tempuh (kisaran 240 km/pengisian daya), sampai biaya operasionalnya yang dipercaya lebih hemat ketimbang bus diesel.

Terminal pengecasan baterainya sendiri disediakan di pool maupun di titik pengendapan.

Sebelum ini, bus listrik Transjakarta sudah diperlihatkan di Balai Kota dan dilihat serta ditumpangi oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menyusuri Jl. Thamrin - Bundaran HI pada 29 April. Bus ini juga mejeng dalam event Bus World pada 20 - 22 Maret serta Car Free Day pada 5 Mei kemarin. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang