All-New Nissan Livina Dianggap Bukan Ancaman Bagi Toyota Avanza

Berita Otomotif

All-New Nissan Livina Dianggap Bukan Ancaman Bagi Toyota Avanza

JAKARTA – Dua eksekutif Toyota yakin penantang ‘baru tapi lama’ yaitu All-New Nissan Livina tidak akan mengganggu target penjualan yang ingin diberikan kepada Avanza facelift, meski pesaingnya itu lebih kaya fitur.

Seperti diketahui, Nissan memberikan debut global bagi All-New Livina pada Selasa (19/2/2019) di Indonesia. Multi purpose vehicle (MPV) yang memakai platform Mitsubishi Xpander ini dijual dalam lima varian dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 198,8 juta – 261,9 juta.

All-New Livina hadir dengan fitur-fitur lebih lengkap dari Avanza facelift, yang sudah meluncur terlebih dahulu pada Januari kemarin. Sebagai perbandingan, dari sektor keamanan dan keselamatan, fitur-fitur Avanza facelift adalah Dual SRS Airbag, Seatbelt with Pretensioner and Force Limiter, Anti-lock Braking System (ABS), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, Front Passanger Seatbelt Warning.

Sementara, All-New Livina punya fitur keamanan standar Dual SRS Airbag, sabuk pengaman tiga titik, Auto Hazard Light on Emergency Braking, Immobilizer. Di varian-varian atas, ada tambahan fitur Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor, Rear View Camera.

Menanggapi kehadiran model tersebut, Anton Jimmy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan pihaknya masih yakin target 7.000-an unit per bulan untuk Avanza facelift masih dapat tercapai. Ini karena Toyota unggul dalam jumlah dealer penjualan dan purnajual yang menjadi salah satu kebutuhan konsumen Indonesia termasuk di segmen low MPV.

“Dengan penyegaran model pada Januari yang memperlihatkan peningkatan di sisi desain, kenyamanan, serta fitur kemudian ditambah peace of mind dari jaringan penjualan, servis, suku cadang maka untuk konsumen MPV yang membutuhkan paket produk value dor money rasanya Avanza masih jadi pilihan,” tandasnya kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Rabu (20/2/2019).

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, juga optimistis target penjualan Avanza facelift masih bisa digapai. Kehadiran MPV terjangkau baru ini ia harap juga mampu menggairahkan pasar. Ia berharap penjualan kendaraan roda empat dapat meningkat lagi di 2019 berkat model-model baru.

“Sebagai contoh, pada 2018, kami melihat pasar otomotif naik sekitar 7 persen di tengah hadirnya pendatang baru terutama di segmen low MPV,” tandasnya menyinggung dua pemain baru yakni Xpander plus Wuling Confero yang mulai hadir pada akhir 2017. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support