Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Upayakan Peningkatan Kualitas Mobil Ekspor

Berita Otomotif

Toyota Upayakan Peningkatan Kualitas Mobil Ekspor

JAKARTA – Selain berusaha terus meningkatkan jumlah ekspor kendaraan, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga terus melakukan beragam langkah untuk dapat  meningkatkan kualitas kendaraannya.

Upaya-upaya peningkatan ekspor tersebut antara lain melalui pendalaman industri otomotif terutama industri komponen lokal, pembaruan serta perbaikan secara terus menerus pada kegiatan logistik di Toyota.  Dan yang tak kalah pentingnya adalah pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk memprodukis satu unit kendaraan, Toyota membutuhkan ribuan komponen/part. Komponen tersebut 70 persen di antaranya berasal dari pemasok sementara 30 persen lainnya diproduksi sendiri (in-house). Hal ini menunjukkan bahwa pemasok memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas produk.

Toyota berkolaborasi dengan rantai pemasok guna menjaga dan meningkatkan kualitas produk antara lain melalui pelatihan serta pendampingan keterampilan dan pengetahuan SDM dilengkapi dengan penerapan manajemen produksi sesuai dengan Sistem Produksi Toyota (Toyota Production System) di perusahaan pemasok.

“Dengan semakin berkembangnya kualitas produksi dari rantai pemasok, Toyota berharap peningkatan ekspor akan terus terjadi bukan hanya dalam bentuk kendaraan utuh melainkan juga dalam bentuk mesin dan komponen kendaraan. Oleh karena itu kami akan terus fokus untuk berperan aktif dalam upaya pendalaman industri komponen otomotif bersama pemasok lokal di Indonesia”, ujar Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN.

Secara internal, terdapat dua hal yang kini menjadi fokus utama Toyota dalam peningkatan kualitas produk yaitu penyempurnaan sistem logistik dan pengembangan SDM. Di bidang logistik, perbaikan dilakukan dengan penerapan sistem pengiriman yang terpadu. Standarisasi, indikator kinerja serta manajemen harian terpadu menjadi elemen yang harus dipenuhi dengan penerapan sistem ini.

Sistem logistik terpadu juga mengusung penerapan Teknologi Informasi (Information Technology/IT) seperti penggunaan aplikasi tracking di setiap truk pengangkut (car carrier) serta barcode dan komputerisasi dalam pendataan kendaraan untuk menghindari kesalahan pengiriman produk.

Di bidang pengembangan SDM, sesuai dengan semangat “We build people before build products”, Toyota menjadikan karyawan sebagai bagian terpenting dalam menghadirkan kendaraan dengan kualitas global. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang