Toyota Supra Terbaru Jalani Debut Global Januari 2019

Berita Otomotif

Toyota Supra Terbaru Jalani Debut Global Januari 2019

KOLN – Toyota Supra generasi keempat dipastikan menjalani debut global di bulan pertama tahun depan.

Hal tersebut, seperti diwartakan Carscoops beberapa waktu lalu, terungkap dari informasi yang diberikan Toyota Jerman di akun resmi Facebook mereka. Di kolom komentar video Supra, Toyota Jerman membeberkan bahwa versi produksi mobil sport ikonik tersebut akan muncul pertama kali di dunia dalam Detroit Motor Show 2019 yang berlangsung pada Januari mendatang.

“Debut globalnya ada di Detroit Motor Show di Januari (2019). Kita masih harus bersabar,” tandas mereka.

Diketahui pula bahwa Toyota sudah membuka pemesanan 900 unit pertama secara online. Kemungkinan, inden ini hanya untuk pasar Eropa.

Toyota Jerman juga mengatakan bahwa Supra terbaru bakal dipersenjatai mesin bensin enam silinder 3.0-liter turbocharged berdaya lebih dari 300 hp. Supra yang dikembangkan bersama-sama dengan BMW Z4 ini mempunyai distribusi bobot sempurna 50:50 di belakang dan depan.

Ada pula Active Limited-Slip Differential serta Adaptive Variable Suspension. Toyota mengklaim, akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu kurang dari lima detik.

Supra teranyar memang dinanti-nanti. Pasalnya, generasi keempatnya ini hadir setelah Supra sempat ‘mati suri’ pada 2002. Rekam jejak Supra sendiri bisa ditelusuri hingga 1978 silam, ketika generasi pertama hadir untuk pertama kalinya di jagad otomotif.

Sebelum versi produksinya meluncur, purwarupa yang diberi nama GR Supra Racing Concept sudah diperlihatkan di Geneva Motor Show 2018. Di situ, diumumkan bahwa Supra akan terlebih dahulu hadir di permainan Gran Turismo PlayStation 4, sebelum versi produksinya mengaspal di  2019.

Beberapa detail terbuka perlahan setelah itu. Supra dan Z4 akan diproduksi oleh pihak ketiga di Austria, juga kelak menggunakan mesin yang disuplai oleh BMW untuk salah satu variannya. Di samping itu, diketahui bahwa Supra kelak menggunakan transmisi otomatis dual-clutch dan transmisi manualnya sedang dalam pengembangan khusus untuk versi setir kanan.

Toyota pun telah menggelar Global First Drive Supra versi produksi di Madrid, Spanyol, bulan lalu. Hanya saja, unit yang diuji kendara masih diliputi stiker kamuflase. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar