Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Rush Kini Diekspor ke 50 Negara, Sebelumnya Hanya ke Malaysia

Berita Otomotif

Toyota Rush Kini Diekspor ke 50 Negara, Sebelumnya Hanya ke Malaysia

JAKARTA – Toyota Rush generasi terbaru menunjukkan perkembangan hebat dalam kurun waktu setahun, baik dari sisi volume ekspor maupun jumlah negara tujuan.

Pabrik Toyota di Indonesia, melalui keterangan resmi pada akhir pekan lalu, mengumumkan pemecahan rekor ekspor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) dua tahun berturut-turut berkat keberhasilan mengapalkan 206.600 unit kendaraan pada 2018. Satu hal paling menarik dari data yang diberikan adalah status Rush generasi terbaru sebagai kontributor penjualan terbesar ketiga, di bawah Toyota Fortuner dan Toyota Avanza.

Sebanyak 34.100 unit Rush dikapalkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sepanjang Januari – Desember 2018 dan menyumbang 17 persen dari total ekspor Toyota. Padahal, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor SUV Toyota yang hanya dirakit di Indonesia ini hanya 27 unit pada 2017, sangat kecil dibandingkan seluruh ekspor mereka yang sebanyak 199.600 unit.

Jumlah negara tujuan ekspor juga meroket. Pada 2017, Rush hanya dikirim ke satu negara yaitu Malaysia. Pada 2018, model yang diproduksi oleh PT. Astra Daihatsu Motor tersebut dilarungkan ke 50 negara.

Negara-negara tujuan ekspor Rush tersebar di kawasan Asia, Timur Tengah, plus Amerika Latin. Dari mulai negara tetangga seperti Filipina dan Brunei Darussalam hingga negara kecil semisal St. Vincent maupun El Salvador disambangi.

Sebagai informasi, Rush generasi  terbaru meluncur pertama kali di Indonesia pada akhir 2017, dengan distribusi domestik sejak Januari 2018. Adapun aktivitas ekspornya dimulai pada April tahun yang sama dan berkembang terus secara bertahap hingga Desember.

Komoditas ekspor Toyota dari Indonesia lainnya, setelah tiga model teratas, adalah Agya (volume 31.000 unit, kontribusi 15 persen), Vios (23.100 unit, 11 persen). Sisanya 30.500 unit adalah gabungan dari Kijang Innova, Yaris, Sienta, Town Ace/Lite Ace.

Toyota mulai melakukan ekspor CBU dari Indonesia pada 1987. Pada September 2018, merek kendaraan asal Jepang ini merayakan capaian ekspor 1 juta unit. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang