Penjualan All-New Toyota Rush Masih Naik Meski Sudah 2 Tahun Meluncur

Berita Otomotif

Penjualan All-New Toyota Rush Masih Naik Meski Sudah 2 Tahun Meluncur

JAKARTA – Penjualan Toyota Rush generasi kedua diklaim masih menunjukkan kenaikan. Ini terjadi meski usianya sudah dua tahun dan pasar low sport utility vehicle (LSUV) sedang turun.

Sebagai informasi, umumnya sebuah model baru saat memasuki tahun kedua penjualan bakal menunjukkan penurunan performa. Tapi, Rush generasi terbaru tidak menunjukkan hal tersebut, setidaknya menurut keterangan Toyota.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengklaim pangsa pasar Rush selama Januari – November 2019 naik jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Peningkatan cengkeraman pasarnya juga cukup signifikan.

“Pangsa pasar Rush dari 42 persen naik menjadi 54 persen,” ucapnya dalam Toyota Year End Gathering pada Kamis (12/12/2019) di Jakarta.

Rush generasi termutakhir meluncur pada akhir 2017. Distribusinya sendiri baru dimulai pada awal 2018.

Per 11 Desember kemarin, harganya baru mengalami kenaikan Rp 5,4 juta on-the-road Jakarta karena Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) terbaru.

Lebih lanjut, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, menambahkan bahwa penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Rush sepanjang 11 bulan pertama 2019 berjumlah sekitar 57 ribu unit. Padahal, di Januari – November 2018 volumenya adalah 49 ribu unit.

“Pasar LSUV total turun dari sekitar 117 ribu ke 105 ribu unit,” tandasnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela acara.

Alasan penurunan pasar LSUV adalah karena efek Tahun Pemilu dan kondisi ekonomi global. Pasar mobil nasional pada akhir tahun nanti pun diprediksi turun dari 1,1 juta menjadi 1 juta unit.

Anton mengakui biasanya memasuki tahun kedua pascapeluncuran, penjualan sebuah model biasanya tak akan sebanyak saat baru mengaspal. Anomali yang dialami Rush, menurut dia, adalah karena secara produk ‘saudara kembar’ Daihatsu Terios sangat kuat.

“Saya rasa kali ini, kalau melihat respons konsumen, memang produknya kuat ya. Selain itu memang SUV lagi tren. Apalagi SUV 7-seater (tujuh penumpang). Jumlahnya enggak begitu banyak di Indonesia dan harga Rush pun di bawah Rp 300 juta. Itu semua kombinasi yang memang menarik di Indonesia,” papar dia lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support