Toyota Yakin Bisa Ekspor Lebih Banyak Lagi Mobil Rakitan Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Yakin Bisa Ekspor Lebih Banyak Lagi Mobil Rakitan Indonesia

JAKARTA – Toyota yakin mampu mengekspor lebih banyak lagi mobil-mobil rakitan Indonesia pada 2019 dan mencatatkan rekor baru selama tiga tahun berturut-turut.

Seperti diberitakan baru-baru ini, pabrik Toyota di Indonesia, melalui keterangan resmi, mengumumkan keberhasilan meraih rekor ekspor unit utuh (Completely Built-Up) tertinggi pada 2018 dan memecahkan rekor lama yang diraih pada 2017. Sebanyak 206.600 unit kendaraan berhasil dikapalkan ke luar negeri pada 2018 atau naik 4 persen dibandingkan setahun sebelumnya.

Toyota yakin dapat menorehkan ekspor lagi pada 2019. Pasalnya, mereka percaya mampu mendapatkan destinasi ekspor baru di tahun bershio babi tanah ini.

“Kami memproyeksikan kinerja ekspor CBU bermerek Toyota naik lebih dari 5 persen. Studi-studi untuk mempelajari destinasi ekspor baru, termasuk ke Australia, masih terus kami lakukan. Di saat yang sama, kami juga berupaya tetap fokus dalam menjaga kestabilan performa ekspor di negara tujuan baru ekspansi 2018 yang lalu seperti Afrika dan Amerika Latin,” ucap Warih Andang Tjahjono, President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melalui pernyataan pers.

Sebenarnya tidak hanya Australia saja pasar ekspor baru yang sedang diintip Toyota. Bob Azzam, Director of Administration, Corporate, and External Affairs TMMIN, ketika diwawancarai pada akhir 2018 di Jakarta, sempat menyebut rencana ekspansi ke negara-negara Afrika Barat, Afrika Timur, serta Amerika Latin yang sejauh ini belum pernah mereka garap. Ada dua negara yang ia sebutkan yakni Nigeria maupun Tanzania.

Toyota sendiri mulai melakukan ekspor CBU dari Indonesia pada 1987. Model pertama yang diekspor adalah Toyota Kijang. Multi purpose vehicle (MPV) tersebut diekspor ke Brunei Darussalam.

Kini mereka sudah mengekspor banyak model dari Indonesia dari pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh TMMIN atau oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Selain Kijang Innova, ada pula Toyota Fortuner, Rush, Avanza, Agya, Vios, Yaris, Sienta, Town Ace/Lite Ace. Pada September 2018, Toyota merayakan ekspor 1 juta unit sejak pertama kali memulainya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar