Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Rush Rakitan Indonesia Laris Manis di Luar Negeri

Berita Otomotif

Toyota Rush Rakitan Indonesia Laris Manis di Luar Negeri

JAKARTA – Toyota Rush generasi terbaru rakitan Indonesia kini jauh lebih diminati di pasar luar negeri dibandingkan generasi terdahulu, sehingga raihan ekspornya pun meroket.

Rush generasi pertama meluncur di Indonesia pada 2006. Generasi kedua sport utility vehicle (SUV) yang hanya dirakit di Indonesia dengan bantuan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut kemudian meluncur di Tanah Air pada akhir 2017.

Rush generasi teranyar diklaim tak hanya mendapat atensi lebih besar ketimbang pendahulunya di pasar domestik, namun juga di pasar ekspor. Meski belum masuk tiga besar komoditas ekspor Toyota dari Indonesia, peningkatannya luar biasa pesat.

Data ekspor Januari-Juli 2018 dari Toyota menunjukkan Rush membukukan volume 12.700 unit karena sejak April kemarin dikirim secara bertahap ke seputar Asia, Timur Tengah, plus negara-negara berkembang lainnya. Padahal, ekspor ‘saudara kembar’ Terios ini pada periode yang sama tahun lalu (year on year) hanya berjumlah 22 unit dan hanya ke Malaysia.

“Pasar ekspor Rush mulai besar di tahun ini terutama ke Filipina, negara-negara Afrika, dan Amerika Latin. Jadi, sebenarnya, secara cakupan area pasar, ekspor Rush hampir sama dengan Fortuner. Volume ekspor Rush sekitar 1.500 – 2.000 unit per bulan,” papar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) usai seremoni ekspor sejuta unit Toyota sejak 1987 pada Rabu (5/9/2018) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Warih menjelaskan bahwa volume ekspor Rush belum stabil karena masih dalam tahap awal. Jumlah tersebut masih bisa berubah.

“Stabilnya di volume berapa, akan kami lihat dulu selama enam bulan sampai setahun ekspor,” ujar Warih.

Sebagai informasi, capaian ekspor mobil bermerek Toyota rakitan ADM dan TMMIN pada Januari-Juli 2018 adalah 117.200 unit. Volume tersebut naik tipis 1,3 persen year on year.

Fortuner menjadi kontributor utama dengan sumbangan 30.900 unit. Model-model selanjutnya secara berturut-turut adalah Avanza (21.900 unit), Agya (17.000), Vios (15.800 unit), Rush (12.700 unit), Kijang Innova 4.200 unit. Ada pula gabungan antara Sienta, Yaris, Town Ace/Town Lite sebesar 14.600 unit. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang