Toyota Rajin Mengolah Sampah

Berita Otomotif

Toyota Rajin Mengolah Sampah

INDIANA - Bila diolah dengan benar, maka sampah bisa menjadi barang yang berguna. Itu dibuktikan oleh Toyota ketika mengolah sampah-sampah mereka untuk dijadikan berbagai komponen di mobil baru.

Toyota mengatakan kalau mereka memikirkan cara pengelolaan sampah secara serius untuk menjadikannya barang-barang yang bisa digunakan kembali, termasuk untuk mobil baru.

Misalnya saja fasilitas Toyota di, Indiana Amerika Serikat yang telah mengolah berbagai hal. Contohnya adalah mereka mengolah bekas kemasan kaca depan.

Pada metal-metal bekas yang tidak lagi digunakan, fasilitas manufaktur Toyota itu kemudian mengolahnya dengan memotongnya jadi ukuran kecil. Metal itu kemudian dicuci dan kembali di potong menjadi lebih kecil lagi.

Setelah berukuran kecil, potongan-potongan baja tersebut dikirim ke mesin stamping untuk dibentuk menjadi komponen kendaraan.

Langkah ini ternyata menimbulkan efek domino yang positif. Selain menghemat waktu dan uang serta membuat sampah berkurang, kegiatan ini ternyata juga mengurangi pembelian minyak pabrik tersebut hingga 80 persen atau 7.000 galon per tahun yang sebelumnya dikeluarkan untuk pabrik atau akomodasi bahan-bahan.

Fasilitas manufaktur Toyota di Amerika Utara memang banyak melakukan daur ulang. Pada 2013 saja mereka mengolah kembali 95 persen dari sampah mereka. [Syu/Idr]

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual