Toyota Patenkan Teknologi Mobil Terbang

Berita Otomotif

Toyota Patenkan Teknologi Mobil Terbang

KENTUCKY – Toyota diketahui mematenkan teknologi mobil terbang yang memanfaatkan keempat rodanya sebagai baling-baling.

Paten tersebut, seperti diwartakan Auto Guide belum lama ini, dimasukkan oleh Toyota Engineering and Manufacturing North America. Di dalam paten terlihat sebuah mobil dua mode yang bisa beroperasi di darat maupun di udara.

Ide dasar teknologi mobil terbang Toyota adalah penggunaan empat wheel arm yang fleksibel. Wheel arm ini menaikkan ban saat mode terbang diaktifkan.

Posisi ban pun bisa 'dibaringkan' untuk kemudian berubah fungsi menjadi empat baling-baling layaknya helikopter. Tiap baling-baling didampingi oleh motor listrik yang bisa mendapatkan tenaga dari beragam sumber seperti baterai, gas turbine generator atau hidrogen fuel cell.

Sayangnya, penjelasan yang didapat dari gambar-gambar paten mobil terbang Toyota belum dapat menjelaskan semua proses. Misalnya saja bagaimana mobil melayang agar semua ban dapat diangkat dari permukaan jalan dan bertransformasi menjadi baling-baling.

Sistem kerja mobil terbang Toyota yang mirip helikopter mirip dengan Terrafugia, perusahaan rintisan (startup) asal Amerika Serikat yang sudah dibeli sepenuhnya oleh pabrikan otomotif China Geely. Bedanya, kendaraan milik Terrafugia mempunyai baling-baling sendiri yang terpisah dari ban.

Kabar paten mobil terbang Toyota sendiri tak mengejutkan. Pasalnya, pada Juli 2017, salah satu pabrikan terbesar di dunia asal Jepang ini sudah mengumumkan pengembangan teknologi tersebut.

Toyota membeberkan bahwa mereka membentuk dan mendanai grup yang terdiri dari 30 ilmuwan. Tugas mereka adalah melakukan riset dan pengembangan mobil terbang.

Grup ini disebut sebagai ‘Carviator’. Tak main-main, Toyota mengaku sudah meneliti mobil terbang sejak 2012.

Mobil terbang menjadi teknologi kendaraan masa depan yang terus mendapat perhatian selain mobil listrik. Uber dan Airbus menjadi dua korporasi besar yang serius mendalami teknologi ini. Di sisi pabrikan otomotif, salah satunya ada Audi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support