Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Masih Merek Mobil Terlaris di Dunia pada 2021, Nomor Dua Siapa?

Berita Otomotif

Toyota Masih Merek Mobil Terlaris di Dunia pada 2021, Nomor Dua Siapa?

TOKYO - Toyota dilaporkan masih menjadi merek mobil paling laku di muka bumi sepanjang 2021.

Penjualan Toyota secara global tahun lalu, seperti dikutip dari Nikkei Asian Review, meningkat 10 persen jika dibandingkan 2020 (year on year/yoy) menjadi 10,5 juta unit.

Volume tersebut membuat mereka tetap memegang takhta merek mobil paling banyak dibeli sejagat.

Volkswagen (VW) bercokol di peringkat kedua dengan penjualan 8,88 juta unit atau turun 5 persen yoy. Ini terjadi akibat performa yang tak baik di pasar-pasar kunci seperti Eropa Barat maupun China.

Terakhir kali pabrikan mobil asal Jerman itu menempati ranking pertama ialah pada 2019.

Adapun peringkat ketiga ditempati aliansi otomotif Nissan-Renault-Mitsubishi.

Lebih lanjut, penjualan 10,5 juta unit Toyota pada 2021 sudah termasuk berbagai merek satu grup seperti Daihatsu, Hino, serta Subaru.

Toyota disebut mampu membatasi efek krisis cip semikonduktor dunia di tengah pandemi Covid-19, ketimbang para kompetitornya.

Mereka mampu meluncurkan sebagian besar model baru sesuai jadwal yang telah direncanakan, mengutamakan produksi model-model dengan permintaan tinggi, hingga akhirnya berhasil meningkatkan penjualan di pasar-pasar kunci semisal Amerika Serikat maupun China.

Di sisi lain, Toyota dianggap masih punya ‘pekerjaan rumah’ perihal kontribusi penjualan model-model mobil listrik. Tahun lalu, mereka cuma bisa menjual 14 ribu mobil listrik atau hanya 0,1 persen dari total penjualan grup.

Sebagai perbandingan, komposisi penjualan mobil listrik VW sudah menyentuh 5 persen dari total transaksi jual-beli grup.

Toyota pun masih kalah dengan kompatriot senegara, aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Pasalnya, komposisi penjualan mobil listrik mereka telah mencapai 3 persen.

Merek-merek mobil asal Jepang lain yang penjualan mobil listriknya pada 2021 masih minim adalah Honda (peringkat tujuh global) dan Suzuki (peringkat sembilan global), dengan kontribusi kurang dari 1 persen terhadap total transaksi jual-beli. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang