Toyota Kijang Super, Mobil Keluarga dengan Inovasi Tercanggih di Zamannya

Panduan Pembeli

Toyota Kijang Super, Mobil Keluarga dengan Inovasi Tercanggih di Zamannya

JAKARTA – Toyota Kijang merupakan salah satu mobil paling legendaris di Indonesia dan hingga kini telah hadir dalam beberapa generasi. Salah satu generasi yang paling banyak mendapat sambutan hangat adalah generasi ketiga. Model yang diluncurkan pada tahun 1986 – 1996 ini bernama Kijang Super.

Toyota Kijang Super merupakan salah satu mobil buatan lokal paling canggih di masanya. Hal ini karena Toyota mengenalkan terobosan terbaru dalam proses produksi, yaitu teknologi full pressed body yang dapat mengurangi 2 – 5 kg dempul per mobil. Kijang Super hadir dalam dua versi yaitu sasis pendek (KF40) dan panjang (KF50). Fokus pemasaran dari Kijang Super ini juga mulai bergeser dari konsep niaga menjadi kendaraan keluarga.

Di tahun 1992, Grand Extra hadir dengan teknologi Toyota Original Body yang menjadikannya sebagai minibus pertama dengan kualitas bodi bebas dempul setara sedan. Bagian eksterior juga semakin modern dan dinamis, ditunjang dengan perubahan interior seperti desain dashboard baru dan hadirnya AC double blower. Selain itu, terdapat pula penyempurnaan pada karburator.

Pada 1995, terdapat improvement dari Toyota Kijang sebelumnya, terutama pergantian mesin dari 5K 1.500 cc menjadi 7K 1.800 cc. Dari segi eksterior juga dibedakan dengan hadirnya grille tegak. Generasi ke-3 ini berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 di mana terdapat peluncuran Kijang ke 200.000 unit yang bertepatan dengan produksi Toyota ke 500.000 unit.

Toyota Kijang Super

Teknologi full pressed body merupakan suatu teknologi canggih kala itu berupa pengepresan pelat body setebal 1,2mm oleh mesin cetak bertekanan tinggi 1.500 ton. Mesin ini didatangkan dari Jepang untuk membuat setiap bentuk dan lekukan panel – panel bodi agar lebih presisi.

Dari setiap uraian cetakan panel-panel bodi yang telah di press selanjutnya disambung dan dilas. Teknologi ini dapat mengurangi 2 – 5 kg dempul per mobil. Toyota Kijang adalah minibus pertama di Indonesia yang mengadopsi pola produksi model seperti ini.

Di tahun 1992, Grand Extra hadir dengan teknologi Toyota Original Body. Kalau sebelumnya komponen bodi pada sistem full pressed bodi sebanyak 30 panel, maka teknologi TOB hanya terdiri dari 8 komponen bodi. Dengan teknik pengelasan yang makin modern, membuat Kijang menjadi minibus dengan kualitas produksi setara sedan. Perbedaan FPB dan TOB, FPB berhasil mengurangi pemakaian dempul, TOB sama sekali tidak melibatkan dempul.

Hingga kini, Toyota Kijang Super masih menjadi salah satu pilihan masyarakat pecinta mobil bekas. Harganya tentu saja tergantung dengan kondisi, tahun hingga kelengkapan kendaraannya masing-masing.

Toyota Kijang lansiran tahun 1995 misalnya, dijual dengan harga mulai dari Rp 37,5 juta hingga Rp 58 juta. Tentunya harga tersebut cukup menggoda masyarakat yang sedang mencari mobil keluarga namun dengan harga terjangkau.

Saat ini model terlaris di Indonesia dijual dengan harga di atas Rp 330 jutaan. Namun, bagi mereka yang tak mampu beli model barunya bisa membeli mobil bekas yang bisa dicari di Mobil123. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar