Toyota Kenalkan Serangkaian Teknologi Keselamatan untuk 2015

Berita Otomotif

Toyota Kenalkan Serangkaian Teknologi Keselamatan untuk 2015

TOKYO -  Toyota tengah menyiapkan beberapa teknologi keselamatan baru. Fitur-fitur keselamatan aktif ini untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Jika tidak ada halangan fitur-fitur ini mulai dipasang pada seluruh model Toyota yang dipasarkan di Jepang pada tahun 2015. Sementara Eropa dan Amerika Serikat pada 2017.

Fitur-fitur keselamatan itu adalah Pre-collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB) yang tergabung dalam paket Toyota Safety Sense C. Sementara dua lainnya yakni Pre-collision System with pedestrian detection function dan Radar Cruise Control yang tergabung dalam paket Toyota Safety Sense P.

Toyota menjelaskan fitur-fitur tersebut memiliki keunggulan yang diklaim lebih mutakhir dari fitur keselamatan yang ada saat ini.

  1. Pre-collision System (PCS)
    Cara kerja Pre-collision System (PCS) dibantu radar dan kamera ketika mendeteksi ada benda di depan depan. Sistem ini segera mungkin memeringati pengemudi lewat suara untuk memijak pedal rem. Namun jika pengemudi gagal merespon peringatan ini, sistem PCS akan memperlambat laju kendaraan secara otomatis hingga 30 km/jam untuk mengurangi risiko tabrakan. Fitur ini bekerja pada kecepatan 10-80 km/jam. Untuk diketahui sistem keselamatan ini bukan produk baru. Mobil Lexus sudah menerapkan sistem keselamatan ini.
  2. Lane Departure Alert (LDA)
    LDA dibantu OLEH kamera yang tersemat di dekat kaca spion tengah untuk mendeteksi marka jalan warna putih dan kuning. Jika kendaraan mulai menyimpang dari jalur, LDA akan memeringati pengemudi lewat suara.
  3. Automatic High Beam (AHB)
    Fitur ini membantu pengendara di malam hari. AHB dibantu dengan kamera mendeteksi mobil dari dari arah berlawanan. Jika ada mobil dari arah depan, sorot lampu-utama secara otomatis turun dan tidak menyilaukan pengendara lain, setelah itu naik lagi jika tidak ada mobil dari dari arah berlawanan. Pencahayaan jauh ke depan hingga bisa mendeteksi pejalan kaki yang berada di depan.
  4. Pre-collision System with pedestrian detection function
    Pre-collision System with pedestrian detection function dibantu radar dan kamera. Fitur keselamatan ini sangat optimal untuk perjalanan dalam kota, di mana bisa memperlambat laju kendaraan secara otomatis ketika mendeteksi pejalan kaki di samping kendaraan yang hendak menyeberang jalan. Fitur ini bisa bekerja pada kecepatan terendah 10 km/jam dan kecepatan tertinggi 40 km/jam.
  5. Radar Cruise Control
    Ini bukan Cruise Control konvensional. Radar Cruise Control  Toyota dilengkapi sistem keselamatan mumpuni sehingga bisa menahan laju kecepatan kendaraan Toyota ketika ada kendaraan di depan. Setelah itu Radar Cruise Control memastikan menjaga jarak yang aman antara kendaraan di depan. [Ikh/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual