Toyota Innova Seruduk Pembatas Jalan, Kenapa Airbag Tidak Mengembang?

Berita Otomotif

Toyota Innova Seruduk Pembatas Jalan, Kenapa Airbag Tidak Mengembang?

JAKARTA – Toyota Kijang Innova yang menabrak pembatas jalan hingga batang besinya menembus kabin, tidak terlindungi airbag.

Insiden ini bermula dari pengemudi berinisial HRS yang mengemudikan kendaraan dari arah Semanggi ke Pancoran. Karena tidak hati-hati dan kurangnya konsentrasi saat mengemudikan kendaraan, Innova berkelir hitam tersebut di atas menabrak pagar pembatas jalan layang Kuningan.

“Diduga kurang hati-hati dan konsentrasi akhirnya kendaraan Toyota Kijang Innova oleh ke kanan dan menabrak pagar pembatas jalan layang Kuningan,” kata AKBP Fahri Siregar, Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas (Kasubdit Gakkum Ditlantas) Polda Metro Jaya.
Innova Seruduk Pembatas
Lebih jauh, kendaraan tersebut naik ke atas pembatas hingga menyeruduk tiang pembatas lalu menembus ruang mesin hingga kabin. Sayangnya dalam insiden ini, perangkat keselamatan yakni Airbag gagal mengembang padahal benturan cukup kuat dan mobil naas ini mengalami kerusakan cukup parah.

Lalu bagaimana tanggapan PT Toyota Astra Motor (TAM) atas insiden kecelakaan yang cukup parah, namun airbag gagal mengembang dan seharusnya bisa melindungi penumpang di dalamnya?.

“Iya kami sudah mendapatkan informasinya. Tapi hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi formal dari pihak berwenang. Kami dari Toyota mengucapkan turut prihatin khususnya kepada korban. Saat ini kami harus melihat situasi aktualnya terlebih dahulu,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM kepada Mobil123.com.

Melalui penelusuran Mobil123.com, Toyota Kijang Innova yang terlibat kecelakaan tunggal tersebut di atas merupakan milik PT Silver Bird yang beralamat di Mampang, Jakarta Selatan. Kendaraan tersebut bermesin bensin 2.000 cc dengan tahun pembuatan 2019 dan merupakan tipe G MT.
Toyota Innova

Kasus tabrakan mobil yang tidak dibarengi dengan mengembangnya airbag sebenarnya bukanlah yang pertama kali terjadi. Kala itu, terdapat Honda City yang menabrak tiang namun airbag tidak mengembang.

Menurut beberapa pakar, salah satu faktor yang menyebabkan airbag tidak mengembang ketika terjadi kecelakaan adalah benturannya terjadi pada satu spot di bagian grille. Sementara sensor airbag terdapat di bagian kanan maupun kiri depan mobil. Sehingga benturan yang terjadi tidak memicu sensor untuk memerintahkan airbag bekerja. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar