Toyota Gandeng Panasonic untuk Produksi Baterai Mobil Listrik

Berita Otomotif

Toyota Gandeng Panasonic untuk Produksi Baterai Mobil Listrik

TOKYO - Toyota Motor Corp dan Panasonic Corp meluncurkan perusahaan joint venture tahun depan yang bertugas membuat baterai mobil listrik.

Nantinya, Toyota akan mendapat kepemilikan saham sebesar 51 persen sementara sisanya akan dipegang oleh Panasonic.

Perusahaan joint venture ini sebenarnya bukanlah isu baru. Pada tahun 2017, kedua perusahaan tersebut telah menjalin kemitraan untuk mengembangkan baterai lithium-ion. Dan kini kemitraan tersebut sudah ‘naik kelas’, menunjukkan keseriusan mereka pada pengembangan mobil listrik yang lebih kompetitif.

Nantinya, kedua perusahaan akan menyatukan perlengkapan baterai yang sudah ada beserta para insinyur mereka untuk perusahaan joint venture tersebut. Bahkan Panasonic nantinya akan mentransfer kapasitas produksi baterai mereka di Jepang dan Cina untuk kebutuhan produksi baterai joint venture. Total akan ada 3.500 pegawai yang dipindahkan dan baterai juga dijual ke produsen mobil lain di dunia.

Saat ini Panasonic memang merupakan salah satu suppliers untuk mobil listrik terbesar di dunia. Namun mereka mendapat tantangan cukup ketat dari produsen baterai lain seperti Samsung SDI, LG Chem dan CATL of China.

Saat ini Panasonic merupakan satu-satunya supplier baterai untuk Tesla. Namun dikabarkan oleh Reuters, produsen mobil listrik Amerika Serikat tersebut juga sudah melakukan diskusi dengan Tianjin Lishen dari Cina agar menjadi supplier baterai untuk mobil hasil produksi pabrik mereka di Shanghai.

Toyota juga dikabarkan akan tetap mendapat keuntungan dengan perusahaan joint venture ini. Karena Toyota dapat memproduksi kendaraan listrik lebih mudah dan murah dibandingkan kompetitor berkat adanya perusahaan joint venture ini. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar