Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toshiba Kembangkan Baterai dengan Material Baru untuk Mobil Listrik

Berita Otomotif

Toshiba Kembangkan Baterai dengan Material Baru untuk Mobil Listrik

TOKYO – Perusahaan teknologi Toshiba tengah mengembangkan teknologi baterai terbaru yang diklaim mempunyai daya tahan terbaik berkat material hasil risetnya. 

Mobil listrik memang menjadi sorotan dikarenakan mobil tersebut disebut-sebut akan menjadi mobil masa depan. Namun, saat ini masalahnya adalah baterai yang digunakan. Diperlukan baterai berkapasitas besar agar bisa membuat mobil berjalan cukup jauh. Sementara mengisi baterai diperlukan waktu yang cukup lama, jauh lebih lama bila dibandingkan dengan mengisi bahan bakar minyak.

Hal tersebut pun membuat produsen mobil dan teknologi memutar otak untuk menciptakan baterai berkapasitas besar, namun bisa diisi dayanya dengan waktu cepat. Pengembangan ini pun kini sudah mulai menemui hasil.

Salah satunya adalah perusahaan teknologi yaitu Toshiba yang menciptakan baterai dengan kemampuan untuk membuat mobil berjalan sejauh 320 km namun hanya membutuhkan waktu enam menit pengisian daya.

Untuk menciptakan rapid-charging lithium-ion battery ini diperlukan material baru. Baterai Toshiba SCiB menggunakan titanium niobium oxide yang melipatgandakan kapasitas baterai dibanding dengan graphite-based anodes.

Toshiba pun mengklaim telah mengembangkan metode baru untuk mengurai kristal dari titanium niobium oxide dan menyimpannya dalam ion lithium secara efisien. Dengan ini maka pengisian akan lebih cepat dan bila melakukan pengisian daya di cuaca dingin akan membuat baterai berumur lebih panjang. Dalam pengujian, Toshiba mengklaim bahwa mereka bisa mempertahankan 90 persen kapasitas penyimpanan setelah melakukan pengujian pengisian daya sebanyak 5000 kali.

Toshiba rencananya akan mulai menjual baterai miliknya ini pada tahun 2019. Tidak menutup kemunginakan baterai yang akan dijual akan memiliki spesifikasi lebih baik mengingat mereka masih melakukan pengembangan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang