Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Fortuner Diesel Lebih Menguntungkan

Mobil Baru

Toyota Fortuner Diesel Lebih Menguntungkan

JOGJAKARTA – Sejak 5 tahun ke belakang mobil-mobil diesel semakin diminati karena punya banyak keunggulan dibandingkan mobil-mobil bermesin bensin.

Mobil-mobil diesel kini tidak lagi berisik, bergetar keras, dan kotor. Dari sisi jarak tempuh per liter bahan bakar minyak (BBM) pun lebih jauh (artinya mobil diesel lebih irit).

Dan tentu saja torsinya lebih besar namun tetap bisa melaju kencang dan gesit di jalan raya.

Khusus di Indonesia, BBM diesel berkualitas, kini, semakin mudah ditemui ke mana Anda pergi.

Berbicara tentang mobil diesel favorit, maka Toyota Fortuner diesel masuk dalam daftar terfavorit terutama sejak tahun 2012 ketika VNT (Variable Nozzle Turbodiesel) plus intercooler dipasarkan. Jelas, teknologi VNT membuat Toyota Fortuner menjadi lebih perkasa di jalan lurus maupun menanjak.

Toyota Fortuner Diesel VNT

“Penjualan Toyota Fortuner diesel menguasai 90% penjualan Fortuner secara keseluruhan sejak kualitas BBM diesel semakin terjaga dan distribusinya lebih merata. Orang-orang semakin paham bahwa mesin diesel lebih efisien dibandingkan mesin bensin, apalagi dengan VNT membuat keluaraan torsi merata di berbagai putaran mesin,” ujar Rouli Sijabat, Public Relation Manager, PT Toyota-Astra Motor (TAM).  

Saat ini generasi baru Toyota Fortuner mengantungi mesin diesel baru 2GD-FTV VNT menggantikan 2KD-FTV VNT. Meski jantung mekanis anyar mengalami downsizing menjadi 2.4-liter dari 2.5-liter, tenaganya naik 4% menjadi 149,6 hp dan torsinya meroket 17% menjadi 400 Nm.

Yang menggembirakan dari pengaplikasian mesin baru ini adalah konsumsi BBM menjadi lebih irit 16% dibandingkan VNT sebelumnya.

Itu semua didapat via sejumlah cara yang telah ditempuh oleh para ahli teknis Toyota misalkan saja menjaketi kepala piston dengan SirPA (Silica Reinforced Porous Anodized Aluminum), mengecilkan dimesin turbo 30% sehingga lebih mudah diputar oleh angin dan semakin memangkas turbo lag.

Jika Anda berminat Toyota Fortuner diesel dijual dari harga Rp 494000000. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang