Toyota Calya 2020, Mobil Murah Incaran Keluarga Hingga Mobil Taksi Online

Panduan Pembeli

Toyota Calya 2020, Mobil Murah Incaran Keluarga Hingga Mobil Taksi Online

 

JAKARTA - Toyota Calya 2020 merupakan mobil murah atau mobil entry level yang serbaguna, biasa menjadi incaran sebuah keluarga muda dan belakangan banyak dimanfaatkan untuk bisnis taksi online.

PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali memperkenalkan Toyota Calya pada tahun 2016. Mobil ini masuk dalam kategori MPV LCGC (Low Cost Green Car), tentu menjadi sebuah mobil keluarga 7 penumpang dengan harga cukup terjangkau.

Dalam kurun lebih dari 4 tahun kehadirannya, Toyota Calya 2020 adalah merupakan hasil update terakhir yang dilakukan pada 2019. Dibanding edisi pertama, eksterior Toyota Calya 2020 memiliki tampilan menarik berkat pembaruan pada :

  • LED Headlamp
  • New Retractable Over Mirror (tipe G)
  • New Front Grille Design with Dark Chrome Element hingga rear garnish
  • Tampilan baru kemudian disempurnakan dengan menyertakan new Alloy Wheel Design.  

Toyota Calya 2020
Beralih ke interior, Toyota Calya 2020 punya kabin yang cukup ergonomis dengan fitur cukup memadai untuk ukuran kelas kendaraan demikian. Anda bisa menemukan Touchscreen Head Unit (tipe G), new Audio Steering Switch (tipe G), new Under Seat Compartement Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G) hingga Front Console Box (tipe G).

Catatan kecil untuk Toyota Calya 2020 yang tidak pernah tertinggal adalah ukuran baris ketiga dengan ruang sangat terbatas. Sebagai perbandingan, Toyota Calya 2020 punya panjang dimensi 4.070 mm sementara saudara dekatnya Avanza 4.140 mm dan Innova 4.400 mm.

Harga Toyota Calya 2020
Dari perbandingan ini, hanya Innova yang punya baris ketiga ideal untuk diduduki orang dewasa di Indonesia dengan tinggi rata-rata 165 cm. Di Avanza rasanya sudah kurang nyaman, karena selain lutut menyentuh jok baris dua, kepala juga terganjal kaca belakang. Dan akhirnya, dengan ruang terbatas, baris ketiga Calya hanya cocok diisi oleh anak-anak atau untuk barang bawaan.   

Mobil murah di segmen MPV LCGC ini masih dilengkapi mesin 1.2-liter berkode 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Sumber penggerak ini memiliki tenaga 86.5 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 107.9 Nm di putaran 4.200 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Secara umum kolaborsi mesin dan 2 sistem transmisi ini punya karakter yang cocok untuk pengunaan dalam kota. 

Terakhir, fleksibilitas dan ergonomika plus harganya yang cukup terjangkau membuat Calya juga dimanfaat untuk bisnis taksi online. Bahkan beberapa waktu lalu perusahaan taksi online melakukan kerjasama dengan TAM untuk pengadaan armada serta ditawarkan kepada pengemudi lewat program kredit menarik. [Ari/Idr]

Harga Toyota Calya 2020 (Price List website Toyota Indonesia)

  • 1.2 E STD M/T Rp 144,5 juta
  • 1.2 E M/T Rp 147,350 juta
  • 1.2 G M/T Rp 153,650 juta
  • 1.2 G A/T Rp 165,850 juta


Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar