Toyota Naikkan Harga pada Juli 2022! Salah Satunya Harga Kijang Innova

Berita Otomotif

Toyota Naikkan Harga pada Juli 2022! Salah Satunya Harga Kijang Innova

JAKARTA – Toyota menaikkan harga sebagian model di Indonesia pada Juli 2022 akibat tekanan biaya material. Harga Toyota Kijang Innova salah satu yang direvisi.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan belakangan ini banyak kabar buruk yang memicu naiknya biaya material. Hal tersebut kemudian memengaruhi biaya produksi.

“Biaya material naik dari inflasi, juga dari perang karena negara-negara Eropa seperti Rusia dan Ukraina itu produsen barang-barang metal. Contohnya palladium,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai Media Test Drive Toyota Veloz, Kamis (30/6/2022) malam di Jakarta.

Biaya material juga bertambah gara-gara lockdown di beberapa lokasi di negara produsen komponen otomotif. Contohnya, menurut Anton, adalah Shanghai serta Beijing.

“Itu mengganggu juga. Kemudian, ada lagi fluktuasi dari nilai tukar rupiah,” pungkasnya menyinggung depresiasi rupiah terhadap dollar AS setelah Bank Sentral Amerika Serikat menaikkan suku bunga ketiga kalinya tahun ini pada pertengahan Juni.

Oleh karena itu, Anton memastikan pada Juli 2022 harga mobil-mobil Toyota naik. Malahan, dia memperkirakan yang melakukan kebijakan serupa nantinya bukan hanya Toyota saja.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com pada Jumat (1/7/2022) pkl.11:49 WIB ketika berita ini dinaikkan, situs resmi Toyota Indonesia masih mencantumkan harga lama untuk seluruh model mereka.

“Juli ini akan ada kenaikan harga. Tapi, strateginya mungkin yang akan kami naikkan dulu adalah model-model di segmen medium-high hingga premium. Itu dari sisi Toyota, ya. Kalau mereka lain, kami enggak tahu,” papar dia semalam.

Di antaranya, yang disebutkan oleh Anton, adalah harga Kijang Innova. Harga Toyota Fortuner maupun Toyota Alphard pun demikian.

“Harga model-model CBU (Completely Built Up/CBU) juga akan naik,” sambungnya.

Persentase kenaikan harganya dipastikan bakal lebih besar daripada yang biasa Toyota lakukan setiap pertengahan tahun.  Adapun harga model-model Toyota dengan volume penjualan besar masih bakal ditahan semaksimal mungkin.

Oleh karena itu, Anton pun sedikit berpromosi bahwa sekarang momen yang tepat membeli model-model tersebut.

“Jadi, kami mendorong konsumen bahwa ini kesempatan bagus untuk membeli karena ke depannya harga kemungkinan akan bisa naik. Bisa saja di bulan-bulan berikutnya,” tukas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Toyota <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar