Toyota Avanza Laku 1,8 Juta Unit dalam 16 Tahun

Berita Otomotif

Toyota Avanza Laku 1,8 Juta Unit dalam 16 Tahun

JAKARTA – Penjualan Toyota Avanza di Indonesia diklaim telah mendekati 2 juta unit selama 16 tahun.

Toyota, melalui keterangan resmi pada Kamis (12/12/2019), mengumumkan capaian penjualan domestik Avanza sebanyak lebih dari 1,8 juta unit sejak low multi purpose vehicle (LMPV) ini meluncur untuk pertama kalinya pada 11 Desember 2003. Dengan demikian, saat ini, Avanza telah berusia 16 tahun.

“Toyota Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV dengan DNA yang handal dan tangguh. Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Avanza lahir dari kerja sama antara Toyota – Daihatsu, untuk menempati posisi kosong yang ditinggalkan Toyota Kijang yang ‘naik kelas’. Model ini memiliki kembaran yaitu Daihatsu Xenia.

Di tahun pertamanya, menurut data Toyota, Avanza langsung membukukan penjualan sekitar 43 ribu unit. Model ini, tambah Anton, lahir dari upaya Toyota memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan ‘7-seater MPV sesungguhnya dengan DNA yang andal dan tangguh’.

“Pasar LMPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribu-an unit. Namun setelah Avanza muncul pasar LMPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit,” tandasnya.

Avanza generasi pertama digantikan generasi kedua pada 2011. Kemudian, versi minor change plus varian Veloz mengaspal pada 2015.

Sekitar empat tahun kemudian, tepatnya pada awal 2019, versi facelift generasi kedua lahir dengan perubahan yang cukup kentara pada fascia depan. Selama 16 tahun, ada penyempurnaan dari sisi desain, kenyamanan serta fitur keselamatan.

Hingga kini, Avanza masih menjadi mobil terpopuler. Tak hanya di segmennya, tapi di pasar mobil nasional secara keseluruhan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pengguna Avanza yang senantiasa mempercayakan Avanza untuk terus menjadi yang terfavorit, bahkan tidak hanya di segmen Low MPV tetapi juga di seluruh segmen otomotif roda empat,” tukas Anton. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support