Toyota Avanza dan Veloz, Penguasa yang Semakin Dicintai

Berita Otomotif

Toyota Avanza dan Veloz, Penguasa yang Semakin Dicintai

JAKARTA – Toyota Avanza tidak hanya sebagai mobil terlaris di segmen MPV tapi sekaligus menjadi pemicu tumbuhnya kelas MPV dan Low MPV.

Satu tahun sebelum Toyota Avanza dipasarkan di Indonesia, kelas MPV hanya menyerap sekitar 111 ribuan unit dan segmen Low MPV di bawah 5.500 kendaraan. 

Ketika Toyota Avanza mulai diniagakan pada tahun 2004, penjualan MPV langsung meroket melampaui 173 ribuan unit dan Low MPV menjadi 78 ribuan unit. Penjualan Toyota Avanza di tahun perdana sendiri langsung mendekati 44 ribu unit atau menguasai 56.3 % di segmen Low MPV.

Sejak tahun 2004, penjualan Toyota Avanza semakin bersinar meski beberapa kompetitor berdatangan. Puncak penjualan Toyota Avanza terjadi pada tahun 2013 ketika generasi kedua diluncurkan. Total penjualan Toyota Avanza sepanjang tahun 2013 menorehkan angka 213.458 unit dengan menguasai 49,7% pasar Low MPV, sekaligus mengantarkan pasar MPV mencapai puncaknya dalam kurun waktu 12 tahun (2003 – 2015) dengan 532 ribuan unit. 

Sementara penguasaan terbesar Toyota Avanza di segmen Low MPV pada tahun 2006 dengan 58,5%. Total pasar Low MPV saat itu sekitar 89.200 kendaraan.   

Pada tahun 2015, di tengah persaingan yang semakin sengit, Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz – versi major change generasi kedua Toyota Avanza dan Toyota Avanza Veloz – datang dengan desain eksterior dan interior baru, mesin Dual VVT-i yang lebih irit BBM (baca: Evolusi Mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz), sistem audio lebih berkualitas dan tambahan fitur keselamatan (baca: Inilah MPV Andalan Keluarga dengan Beragam Fitur Keselamatan). 

Dengan Toyota Grand Avanza dan Toyota Granz Veloz, kharisma Toyota Avanza semakin kuat. Hal ini dibuktikan dengan penjualannya yang melebihi 157 ribu unit.

Toyota Avanza memang mobil fenomenal, mobil terlaris di segmennya, di kelas MPV dan Indonesia. Sejak 2004 hingga September 2016 penjualan Toyota Avanza dan Veloz telah mencapai 1,5 juta unit. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support