Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Avanza Bekas, Kisaran Harga, Sejarah, dan Tips Membelinya

Berita Otomotif

Toyota Avanza Bekas, Kisaran Harga, Sejarah, dan Tips Membelinya

Toyota Avanza bekas merupakan salah satu model yang paling banyak diburu oleh konsumen. Selain harganya terjangkau, ketangguhannya tidak perlu diragukan lagi.

Avanza hadir di Indonesia sejak lama, sekarang sudah masuk generasi ketiga.

Meski kehadirannya sudah lebih dari 19 tahun, tapi kepopuleran Avanza tidak luntur, walaupun pesaing di kelasnya mulai bermunculan.

Dengan banyaknya mobil Avanza beredar di Indonesia, tidak heran kalau unit bekasnya banyak tersedia. Beragam tipe Avanza bisa ditemukan dari seluruh tahun produksi, serta harganya pun terbilang terjangkau.

Di listing Mobil123.com, terpantau ada sekitar 1.300-an unit Toyota Avanza bekas yang siap untuk dibeli.

Harga Avanza bekas termurah di laman tersebut Rp72,5 juta tahun produksi 2004, sedangkan unit termahalnya Rp285 juta keluaran tahun muda.

Untuk lebih lengkapnya berikut kisaran harga Toyota Avanza bekas yang ada di listing Mobil123.com::

  • Avanza bekas tahun produksi 2004 Rp72,5 juta – Rp83 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2005 Rp75 juta – Rp81 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2006 Rp74 juta – Rp87,5 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2007 Rp85 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2008 Rp85 juta – Rp109 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2009 Rp78 juta – Rp120 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2010 Rp78 juta – Rp110 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2011 Rp75 juta – Rp125 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2012 Rp99,9 juta – Rp137 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2013 Rp88 juta – Rp145 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2014 Rp109 juta – Rp153 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2015 Rp117 juta – Rp189 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2016 Rp129 juta – Rp170 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2017 Rp130 juta – Rp185 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2018 Rp120 juta – Rp190 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2019 Rp149 juta – Rp244 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2020 Rp175 juta – Rp218 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2021 Rp117 juta – Rp285 juta
  • Avanza bekas tahun produksi 2022 Rp180 juta – Rp265 juta

Sejarah Toyota Avanza

Bagaimana sih sepak terjang Toyota Avanza di Indonesia? Yuk simak sejarah singkat dari mobil sejuta umat ini.

Avanza Generasi Pertama (2003 – 2011)

Toyota Avanza pertama kali muncul di Indonesia pada Desember 2003, tetapi baru dirilis resmi di tahun berikutnya, lebih tepatnya 15 Januari 2004.

Pada saat itu pilihan tipenya ada dua, yakni 1.3 E dan 1.3 G. keduanya mengandalkan mesin 1.3 liter K3-DE 4 silinder dan didukung transmisi manual 5 percepatan.

Lalu pada Juli 2004, tipe 1.3 S meluncur dengan perubahan mesin 1.3 liter K3-VE berteknologi VVT-i, serta penyematan transmisi otomatis 4 perecpatan. Avanza tipe S dilengkapi ABS dan material kedap suara.

Facelift perdana diberikan kepada Avanza di Juli 2006 dengan ubahan di desain gril, bumper, warna interior dan lampu belakang. Mesin pada tipe E dan G pun di-update menjadi mesin yang serupa seperti di tipe S dan sudah berstandar Euro 2.

Beberapa bulan kemudian, tipe 1.5 S diperkenalkan dengan mengandalkan mesin 1.5 liter 3SZ-VE VVT-i, ditambah dengan desain bumper depan dan belakang, side skirt, dan gril baru.

Pada 2008, Avanza diberikan pembaruan pada langit-langit mobil, interior dan lingkar setir dengan Four Spokes, gril bumper mesh, fog light, dan aksen krom di jendela belakang.

Avanza tipe 1.3 E dan G akhirnya diberikan opsi transmisi otomatis 4 percepatan pada 2009.

Avanza Generasi Kedua (2011 – 2021)

Generasi kedua dari Toyota Avanza meluncur akhir 2011. Di generasi ini, tipe 1.5 Veloz lahir menggantikan tipe S sebagai tipe yang tertinggi.

Avanza generasi dua mengalami banyak rombakan, mulai dari lampu depan yang lebih lancip, dimensi lebih panjang membuat bagasi lebih luas, dan kursi baris kedua mampu digeser maju-mundur.

Kemudian pada2013, fitur keamanan seperti Dual SRS Airbag dan sabuk pengaman dengan force limiter dan pre-tensioner menjadi standar di semua tipe Avanza.

Facelift pertama Avanza generasi kedua terjadi pada 2015. Beberapa pembaruan dilaukan Toyota, termasuk mengganti mesin terdahulu menjadi berkode 1NR-VE Dual VVT-i berkubikasi 1.3 liter, Sedangkan versi 1.5 liter menggunakan mesin 2NR-VE Dual VVT-i.

Tampilan depan dan belakang, warna interior, head unit mobil turut disegarkan. Fitur ABS & EBD kini sudah menjadi standar.

Untuk tipe Veloz tersedia dalam opsi mesin 1.3 liter.

Kemudian model Transmover (lebih rendah dari Avanza tipe E) meluncur pada akhir 2016 untuk pasar fleet.

Lalu facelift kedua Avanza generasi kedua diluncurkan 2019 dengan ubahan di desain split-style pada lampu depan LED yang menjadi standar, kaca spion samping, tampilan belakang, antena sirip hiu, desain pelek, warna interior, dan Digital AC.

Pada varian G dan Veloz dilengkapi Auto Retractable Outer Mirror, dan fitur Keyless Entry dengan tombol Push Start Engine hanya tersedia di Veloz.

Avanza Generasi Ketiga (2021 – Sekarang)

Generasi ketiga Avanza meluncur pada November 2021. Kali ini, Avanza memiliki tampilan lebih mengotak, berbeda dari desain sebelumnya yang lebih bundar atau melengkung.

Selain itu, sistem penggeraknya juga berubah, dari sebelumnya berpenggerak roda belakang (RWD) menjadi penggerak roda depan (FWD).

Dimensi eksterior mobil ini juga lebih panjang dan lebar. Jarak poros roda juga lebih jauh.

Mesin 1.3 liter 1NR-VE dan 1.5 2NR-VE yang selama ini disematkan juga di-upgrade dan lebih bertenaga sekitar 2 hp.

Tipe Veloz pun dipisahkan dari Avanza sehingga menjadi model Toyota tersendiri. Tampilan depan dibuat berbeda untuk membedakan Veloz dari Avanza.

Dimensinya juga lebih lebar dikarenakan adanya tambahan aero kit dan side cladding.

Toyota Veloz tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis CVT. Tipe tertinggi di Veloz telah dibekali fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Tips Membeli Toyota Avanza Bekas

Sebagai MPV terlaris di Indonesia, tidak heran kalau unit bekasnya banyak tersedia, dan masing-masing unit memiliki kondisi yang berbeda.

Maka dari itu, calon pembeli perlu mengetahui tips-tips dalam memilih Avanza bekas, sehingga mobil yang dipilih adalah unit dalam kondisi terbaik.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Cek Kondisi Mobil

Tips pertama dan wajib dilakukan adalah mengecek kondisi komponen-komponen pada mobil. Dua komponen penting yang perlu dicek ada di mesin dan kaki-kaki mobil.

Mesin merupakan “jantung” dari mobil, jadi kondisinya harus selalu baik. Jika ada suatu masalah pastinya akan berpengaruh pada performa mobil dan kenyamanan berkendara.

Selain mesin, kaki-kaki mobil juga perlu diperhatikan kondisinya. Terutama pada Avanza jadul yang memiliki kilometer panjang, pasti integritas komponen kaki-kaki akan jauh berkurang dari kondisi barunya.

Maka dari itu, sebaiknya cek komponen-komponen tersebut dengan teliti sebelum membeli.

Bawa kerabat atau kenalan teknisi untuk memeriksa kondisi mobil, dan lakukan test drive untuk mengetahui rasa berkendara calon mobil yang akan dimiliki.

  1. Waspada Bekas Banjir dan Tabrak

Tips membeli mobil Avanza bekas berikutnya adalah mencari tahu apakah mobil pernah terkena banjir atau mengalami kecelakaan.

Mobil Avanza yang pernah terendap banjir perlu diwaspadai karena ada kemungkinan komponen-komponen dalam mobil menjadi rusak atau karat akibat banjir.

Cara untuk mengeceknya bisa dikatakan tidak mudah dan tidak sulit juga. Salah satunya adalah mengecek bagian jok.

Jika di kolong atau rel jok terlihat ada bekas kotoran seperti lumpur yang tidak wajar, ada indikasi kalau mobil pernah terkena banjir.

Selain itu, periksa juga apakah ada bekas tabrakan pada mobil. Jika ada, artinya mobil pernah mengalami kecelakaan namun sudah diperbaiki.

Ini patut diwaspadai. Sebab, perbaikan mobil bekas tabrak yang kurang betul akan memengaruhi kinerja mobil serta kenyamanan penumpang dalam berkendara.

Kalaupun masih bisa diperbaiki, artinya perlu mengeluarkan biaya lagi.

  1. Cek Riwayat Servis Mobil

Mobil Avanza bekas dengan kondisi yang bagus dan terawat tercermin dalam riwayat servis yang tercatat dalam service record mobil. Artinya, mobil selalu diservis di bengkel resmi Toyota.

Jika buku servis mobil telihat lengkap, maka bisa dipastikan mobil telah dirawat dengan baik dan rutin oleh pemiliknya, sehingga kondisinya terjamin.

Namun, ada kalanya ketika penjual tidak lagi memiliki buku servis mobil, misalkan karena sudah hilang.

Jika itu terjadi, alternatif lain dalam mengecek kondisi mobil adalah dengan melihat odometer pada meter cluster.

Penggunaan mobil yang normal di Indonesia rata-rata menempuh jarak sekitar 15 hingga 20 ribu km per tahun. Angka tersebut tinggal dikalikan saja dengan usia mobil.

Apabila jarak tempuh yang tertera pada odometer jauh lebih besar dari perhitungan jarak tempuh pemakaian normal, pembeli perlu mempertimbangkan kembali pilihannya.

  1. Surat-Surat Lengkap

Satu lagi hal penting yang perlu dilakukan dalam membeli Avanza bekas adalah mengecek kelengkapan dan keabsahan surat-surat kendaraan.

Dokumen-dokumen penting yang harus dimiliki sebuah kendaraan adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan faktur.

Pastinya banyak pemilik kendaraan yang sudah paham apa itu STNK dan BPKB. Kedua dokumen tersebut merupakan tanda sah kepemilikan sebuah kendaraan.

Sementara itu faktur merupakan dokumen bukti pembelian kendaraan baru yang diterima pembeli. Isinya berupa informasi mobil seperti nomor mesin dan nomor rangka, harga penjualan dari diler, hingga nama pembeli pertama.

Dari dokumen ini dapat dilihat apakah mobil bekas dijual dari tangan pertama atau kedua.

Selain kelengkapan dan keaslian dokumen, perlu dipastikan juga apakah pemilik mobil bekas selalu membayar pajak. Pembeli tentunya tidak mau membeli mobil yang pajaknya mati atau bodong. [ABP]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang