Toyota akan Luncurkan SUV Baru Berbasis Vitara Breeza

Berita Otomotif

Toyota akan Luncurkan SUV Baru Berbasis Vitara Breeza

DELHI – Toyota India mengumumkan akan meluncurkan model barunya yakni Urban Cruiser yang ternyata merupakan jelemaan dari Suzuki Vitara Brezza.

Disebutkan bahwa Toyota Urban Cruiser akan diproduksi berbarengan dengan Suzuki Vitara Brezza di pabrik Maruti. Bedanya Urban Cruiser memiliki rupa yang lebih sangar daripada kembarannya. SUV Toyota tersebut terlihat lebih mirip Fortuner dari depan.

“Kami sangat senang mengumumkan rencana untuk meluncurkan Toyota Urban Cruiser. Dengan mendapatkan kesan pertama dari konsumen, TKM (Toyota Kirloskar Motor) berharap bisa memenuhi kebutuhan dan menyalurkan aspirasi mereka,” ucap Naveen Soni, Senior Vice President, Sales and Services TKM.

Jika pada bagian eksterior dirancang berbeda, interior Urban Cruiser dikatakan tidak mendapatkan sentuhan berarti. Toyota hanya melakukan sentuhan dengan memberikan warna berbeda pada jok dan trim. Namun secara keseluruhan bentuk hingga tata letaknya identik dengan Brezza.

Toyota Urban Cruiser akan ditawarkan dengan pilihan mesin hanya satu yakni bensin 1.5-L berkode K15. Mesin tersebut sama persis dengan Vitara Brezza meskipun Suzuki memiliki unit bermesin diesel.
Toyota Urban Cruiser

Sementara pilihan girboknya tersedia manual lima-percepatan dan otomatis empat-percepatan. Pembeda lainnya, konsumen memiliki pilihan mesin hybrid ringan atau mild hybrid sehingga efisiensi bahan bakar lebih baik.

Toyota Urban Cruiser sesuai rencana akan membuka keran pemesanan pada 22 Agustus 2020, sementara peluncuran dan pemasaran akan dilakukan mulai September 2020. SUV kompak di India cukup banyak mendapat perhatian konsumen. Selain bersaing dengan Vitara Brezza yang merupakan kembarannya, Urban Cruiser juga menyasar kompetitor seperti Tata Nexon, Mahindra XUV300 dan Hyundai Venue.

Di Indonesia pasar SUV kompak juga terus berkembang. Toyota Indonesia sendiri baru mulai memperkenalkan Corolla Cross yang juga memiliki pilihan mesin hybrid. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar