Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Total Akhirnya Bikin Oli untuk Toyota Calya dan Kawan-Kawan

Berita Otomotif

Total Akhirnya Bikin Oli untuk Toyota Calya dan Kawan-Kawan

JAKARTA – Total, pemain industri minyak dan gas asal Prancis, akhirnya memproduksi dan menjual oli mesin untuk mobil-mobil low cost green car (LCGC) yang diisi antara lain oleh Toyota Calya.

Oli itu adalah Total Quartz 8000 Future GF-5 0W-20 full synthetic dan Total Quartz 7000 Future GF-5 5W-30 semi synthetic. Keduanya dirilis hampir enam tahun setelah segmen mobil LCGC yang berkapasitas mesin kecil dan diproduksi di dalam negeri diinisiasi pemerintah pada 2013.

Franck Giraud, Managing Director PT. Total Oil Indonesia, mengakui bahwa mereka cukup telat merilis oli mesin khusus LCGC ke pasar Indonesia. LCGC sendiri ia nilai sebagai salah satu segmen yang besar dan penting di pasar mobil Indonesia.

“Ini adalah segmen yang terus berkembang dengan lebih dari 200 ribu unit yang terjual pada 2018. Kontribusinya mencapai kisaran 20 persen dari pasar,” ucapnya dalam seremoni peluncuran pada Rabu (13/2/2019) di Jakarta.

Baik Total Quartz 8000 Future GF-5 0W20 maupun Total Quartz 7000 Future GF-5 5W-30 sama-sama memenuhi standar internasional API SN/CF plus ILSAC GF-5. Produk pertama dijual dalam botol 1 liter atau 3 liter, sedangkan produk kedua dipasarkan dalam botol 1 liter atau 4 liter.

“ILSAC ini merupakan asosiasi yang menaungi pabrikan-pabrikan asal Amerika Serikat maupun Jepang,” lanjut dia.

Harga detail tidak dijelakan. Namun, sebagai gambaran, harga Total Quartz 7000 Future GF-5 5W-30 dimulai dari di bawah Rp 100 ribu, sedangkan banderol Total Quartz 8000 Future GF-5 0W20 sedikit di atasnya.

“Untuk beberapa area, produk kami ini sudah hadir dari sejak tiga pekan lalu. Sementara, untuk area-area lain, barang akan ada dalam beberapa hari ke depan,” tandas Franck yang menjelaskan bahwa mereka bekerja sama dengan lima distributor utama di seluruh Indonesia.

Ia kemudian menerangkan bahwa kedua produk memiliki viskositas rendah yang dibutuhkan mesin-mesin berkapasitas kecil di balik kap depan LCGC. Oli mesin LCGC dari total diklaim memiliki keunggulan seperti mengurangi friksi, mereduksi jumlah kandungan phosphorus dari oli yang masuk ke sistem pembuangan sehingga lebih minim polusi, ampuh menjaga temperatur mesin, sampai memperpanjang usia mesin. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang