Tips Seputar Helm

Panduan Pembeli

Tips Seputar Helm

JAKARTA – Helm adalah pelindung kepala ketika berkendara. Karena helm sangat penting bagi setiap pengendara dan pembonceng, berikut ini kami sajika beberapa informasi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda:

Model
Helm memiliki tiga model berbeda yakni half face, full face dan flip up. Setiap model bergantung pada kondisi cuaca karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada helm yang dibuat berdasarkan jenis motor.

Maka dari itu jangan memilih helm berdasarkan jenis motor Anda. Pastikan helm yang dipilih dapat memberikan kenyamanan berkendara jangan hanya sekadar gaya.

Jarak
Masih banyak orang yang beranggapan menggunakan helm hanya ketika berkendara jarak jauh. Bahkan banyak orang menganggap helm hanya dibutuhkan ketika cuaca tidak terlalu panas.

Kedua alasan untuk tidak menggunakan helm tersebut sepenuhnya salah. Meski Anda hanya akan menempuh jarak dekat tidak menghilangkan potensi kecelakaan. Helm juga dapat melindungi kulit kepala dan muka ketika berkendara dalam cuaca panas.

Oleh karena itu gunakan helm saat Anda hendak berpergian jarak dekat. Berkendara dalam kondisi panas terik juga membutuhkan alat pelindung kepala.

Kebersihan
Jaga kebersihan helm agar kepala Anda tidak gatal atau terserang penyakit dan jangan pernah memakai helm dengan visor kotor karena akan memengaruhi visibilitas Anda.

Berboncengan
Menurut aturan yang berlaku di Indonesia pembonceng tetap harus menggunakan helm. Hal ini berlaku bagi anak-anak. Saat ini banyak beredar jenis helm untuk anak-anak.

Saling tukar pakai
Sebaiknya penggunaan helm tidak saling tukar pakai dengan orang lain. Hal ini berguna mempertahankan keawetan peranti tersebut, sekaligus meminimalisir kecelakaan.

Helm yang kendur atau terlalu sempit dapat mengurangi konsentrasi berkendara. Jika terlalu sering tukar pakai helm dikhawatirkan busa helm akan menipis sehingga memperpendek usia pakai helm.

Gunakan helm ada atau tidak ada petugas kepolisian. Jangan hanya menggunakan helm karena takut ditilang oleh petugas. Bijaksanalah dalam berkendara agar membahayakan diri sendiri atau orang lain. [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support