Tips Riding Nyaman Buat Ladies

Berita Otomotif

Tips Riding Nyaman Buat Ladies

JAKARTA – Sania Sabila merupakan biker wanita yang aktif dengan kesehariannya dengan Yamaha Gear 125. Sania kerap menunggangi motornya tersebut di Sumatera Selatan dengan nyaman. Ia juga tidak pelit membagikan ilmunya untuk riding yang nyaman untuk sehari-hari, khususnya kaum hawa.

Saya tertarik dengan motor ini buat kegiatan harian. Gear 125 punya double hook (gantungan barang ganda) cocok buat saya yang banyak kegiatan bisa bawa barang-barang, bensin irit dan ada pijakan kaki anak jadi bisa ajak adik saya buat jalan-jalan juga lebih nyaman. Dan tentunya saat riding penting harus safety riding,” ucap Sania, mahasiswi berusia 22 tahun ini,” tutur Sania.

Berikut ini beberapa tips untuk berkendara yang nyaman untuk wanita :

1.Perlengkapan berkendara

-Tidak mengganggu gerak tubuh (nyaman dipakai).

-Dapat melindungi bagian tubuh.

-Menarik perhatian (mudah terlihat pengendara lain).

-Warna yang cerah.

-Untuk helm harus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Pilih ukuran helm yang sesuai dengan kepala dan nyaman saat dipakai dan selalu terklik.

-Gunakan pakaian yang menutupi bagian tubuh, disarankan memakai jaket lengan panjang dan celana panjang agar maksimal melindungi tubuh dari panas dan angin, serta gunakan warna yang cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain.
Tips Riding

-Gunakan sarung tangan yang menutupi bagian tangan sampai ujung jari, tidak disarankan menggunakan sarung tangan setengah jari. Pastikan ukuran sarung tangan sesuai dan nyaman dipakai. “Gunakan sarung tangan untuk sepeda motor”.

-Pakai sepatu yang khusus buat berkendara, apabila tidak ada disarankan memakai sepatu dengan tinggi di atas mata kaki agar kaki dapat terlindungi dengan lebih maksimal. Tidak disarankan memakai sandal atau tanpa memakai alas kaki.

2. Untuk posisi tubuh agar nyaman dan mendapatkan fun riding

-Posisi duduk

Posisikan duduk anda pada bagian tengah sepeda motor, sesuaikan dengan tinggi badan masing masing, posisi relaks.

-Kaki dan lutut

Tempatkan kaki pada sandaran kaki, kaki menghadap ke depan, posisi kaki jangan terbuka.

-Bahu

Posisikan bahu pada kondisi relaks, jika bahu kaku maka motor akan terasa sulit untuk di handling atau diajak bermanuver.

-Tangan dan badan

Letakkan tangan di tengah handle grip, Posisi tangan seperti membentuk huruf “O” atau seperti memeluk bola. Posisi ini akan lebih mudah untuk mengontrol handling motor. Posisi tangan disesuaikan dengan kenyamanan saat berkendara.

-Pandangan

Pandangan luas ke depan, untuk mengontrol kondisi sekitar dan dapat menganalisa kondisi bahaya yang akan dihadapi pengendara dan untuk memutuskan antisipasi yang akan dilakukan. [Dew/Had]

 

Tag Terkait


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar