Tips Memakai Jok Bayi Agar Terhindar dari Cedera

Panduan Pembeli

Tips Memakai Jok Bayi Agar Terhindar dari Cedera

PLANO – Toyota Bekerjasama dengan Buckle Up for Life guna mengedukasi tata cara penggunaan sealbelt yang benar dan children car seat (kursi bayi di mobil).

Menurut mereka, satu kecelakaan kendaraan bermotor terjadi setiap 61 detik pada 2015 di Amerika Serikat. Namun penggunaan car seat yang benar terbukti mampu mengurangi cedera dan mencegah kematian pada kecelakaan. Atas dasar inilah Toyota menggandeng Bukcle Up for Life dalam mengedukasi keluarga di Texas Utara.

“Kecelakaan kendaraan menjadi penyebab nomor 1 terjadinya kematian pada anak-anak. Car seat yang terpasang dengan benar bisa menyelamatkan nyawa. Hal ini dibuktikan di ruang gawat darurat rumah sakit setiap harinya,” ujar Claudio Romo, Direktur Pencegahan di Rumah Sakit Anak.

Artikel bersambung dibawah

Keluarga yang diedukasi menjadi terampil dalam menyiapkan alat yang dibutuhkan ketika berkendara. Hal ini juga berguna untuk mengurangi angka kematian ketika terjadi kecelakaan.

Buckle Up for Life menurunkan tenaga-tenaga spesialis untuk menjelaskan tata cara pemasangan car seat yang baik dan benar. Mereka menawarkan beberapa kelas dalam bahasa Inggris maupun Spanyol. Selain itu, keluarga yang mengikuti kegiatan ini berhak mendapatkan car seat bagi yang membutuhkan.

“Banyak orang terkejut ketika mengetahui bahwa tiga dari empat pengguna car seat salah dalam memasang. Ini sebabnya kerjasama dengan Buckle Up sangat penting untuk memberikan pendidikan dan bimbingan kepada mereka yang membutuhkan,” ujar Mike Goss, GM Toyota Sosial Innovation.

Berikut ini adalah tips dari Buckle Up for Life dalam menggunakan children car seat:

  1. Periksa kondisi tali atau sabuk keselamatan apakah masih layak pakai atau tidak. Dalam kondisi terpasang, car seat tidak boleh bergerak satu inci sekalipun. Jika masih bisa bergoyang, kencangkan lagi sabuknya.
  2. Gunakan car seat baru (bukan bekas) agar dapat mengetahui riwayat produk tersebut. Hal yang dikhawatirkan adalah car seat bekas bisa saja pernah mengalami kecelakaan sehingga perlindungannya berkurang. Hal ini dikarenakan adanya penurunan kualitas produk yang terbuat dari plastik. Setidaknya periksa tanggal kadaluarsa pada car seat bekas.
  3. Pastikan anak Anda menghadap ke posisi yang benar. The American Academy of Pediatrics mengajurkan anak di bawah 2 tahun menghadap ke belakang. Anak baru boleh menghadap ke depan ketika tubuhnya sudah melebihi dimensi car seat.
  4. Para ahli mengatakan bahwa anak di bawah 8 tahun harus menggunakan car seat. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman dapat melukai pinggang dan leher si buah hati.

Anda yang ingin mengetahui cara pasang car seat yang baik dan benar, jangan ragu untuk bertanya pada para pakar. Buckle Up for Life menyediakan beberapa video mengenai tata cara pemasangan car seat yang dapat di akses di sini. [Dew/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support