Test Drive: Toyota Agya TRD 2017

Review Panduan Pembeli

Test Drive: Toyota Agya TRD 2017

BANDUNG – Sebagai segmen paling bawah (entry level), mobil-mobil LCGC (low cost & green car) sangat diminati, salah satunya Toyota Agya.

Sejak diluncurkan pada 2013, Toyota Agya mendapat tanggapan positif dari masyarakat dengan penjualan kumulatif lebih dari 200.000 unit hingga April 2017. Bahkan, sepanjang 2016 Toyota Agya menguasai 30% pasar LCGC di Indonesia.

Mulai awal April 2017 new Toyota Agya 2017 masuk ke pasar Indonesia dengan banyak pembenahan agar lebih sedap dipandang, enak dikendarai, nyaman selama perjalanan, serta lebih bersahabat dengan kantong para pemiliknya.

Harga Toyota Agya 2017 dimulai dari Rp 131.500.000,00 (tipe Agya 1.0 liter M/T) hingga Rp 151.900.000,00 (tipe Agya 1.2 TRD A/T).

Dengan segenap kebaruannya, Toyota Agya kini menyasar para pembeli berusia muda (< 30 tahun), sementara sebelumnya rentang usai pembelinya antara 30 – 39 tahun dna merupakan first-time buyers.

Akhir pekan lalu, Mobil123.com mendapat kesempatan mengendarai new Toyota Agya TRD 2017 di kota Bandung dan sekitarnya. Kebetulan kami mengencani Toyota Agya TRD bertransmisi otomatis 4-speed dan manual 5-speed.

Eksterior
Penyegaran eksterior di Toyota Agya TRD 2017 membuat penampilannya menjadi lebih modern dan sporty. Bumper depan baru dikencani oleh lampu projector headlamp with LED light guide (TRD) serta radiator grille berbentuk trapezoid memberi kesan modern. Di bagian samping kita melihat hadirnya kaca spion dengan lampu sein.

Toyota Agya TRD 2017

Di bagian belakang desain lampu belakang membentuk huruf “L” untuk memberi kesan mewah. Sedangkan bumper barunya terpahat memancarkan kesan berotot. Spoiler baru dengan lampu rem menempel di bagian atas pintu bagasi.

Interior
Bagian ini tidak luput dari penyegaran dengan mengawinkan warna hitam dan darker silver paint  guna menyodorkan kesan elegan dan lapang dengan trim pintu dari fabric. Kini kedua jok depannya menganut model semi bucket. Sebenarnya kami lebih menyukai jika jok-jok tersebut memiliki headrest terpisah sehingga kesan mewah lebih didapat. Kedua bangku depan pun lebih tebal sehingga semakin nyaman diduduki. Sementara di jok belakang bagian tengah diimbuhi head rest.

Toyota Agya TRD 2017

Sistem audio-nya sendiri menampilkan 2 DIN dengan Bluetooth yang dapat disambungkan dengan smartphone Anda, serta steering switch di bagian kemudi.

Fitur Keselamatan dan Keamanan
New Toyota Agya TRD 2017 mempertahankan dua airbag, side impact beam, dan isofix. Sensor parkir mundur, rem ABS dan diameter cakram berventilasi rem depan lebih besar (menjadi 13”) menjadi fitur-fitur keselamatan baru.

Sebagai fitur keamanan, Toyota melengkapi hatchback-nya ini dengan engine immobilizer, model sebelumnya tidak memiliki.  

Di Jalan Raya
Selama dua hari Mobil123.com mengencani Toyota Agya TRD 2017 di kemacetan Bandung dengan variasi tanjakan dan turunan di daerah Dago hingga Maribaya.

Kini setir Agya lebih padat dan tajam, sehingga memberikan rasa percaya diri kepada pengemudi saat bermanuver di lintasan berkelok, apalagi bagian belakang mobil kini diimbuhi oleh stabilizer bar yang berkontribusi terhadap stabilitas. Sebagai informasi, perbaikan kualitas kemudi berkat revisi di beberapa bagian steering rack & column, serta ECU power steering.

Toyota Agya TRD 2017

Mesin 3NR 1.2-liter 4-silinder DOHC Dual VVT-i bertenaga 88 hp dan bertorsi 108 hp milik Agya TRD mampu menjawab tantangan rute Dago dan Maribaya berupa tanjakan-tanjakan cukup tinggi dan panjang. Untuk mobil sekecil ini, performa Agya TRD tidak memalukan, meski Anda menggunakan varian transmisi otomatis 4-speed atau manual 5-speed. Ketika kami mengendarai varian transmisi otomatis, posisi tuas berada di “D” dan jika mobil mulai kehabisan tenaga kita tinggal kick-down pedal akselerator lalu mesin langsung menanggapinya dengan cepat.

Saat melintasi permukaan tidak rata, mobil terasa rigid – untuk mengimbangi perbaikan sistem kemudi.

Sayangnya, kami tidak sempat membawanya berkelana di jalan bebas hambatan. Tapi Toyota merilis data akselerasinya lebih cepat dari model sebelumnya.

Verdict
Semua kebaruan yang disodorkan oleh Toyota Agya TRD 2017 mengesankan meski kami masih mendambakan jok-jok depan dengan headrest. Dengan harga Toyota Agya TRD 2017 dimulai dari Rp 138.800.000,00 – Rp 151.900.000,00,00, bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda.  [Idr] 

 

 

 

  

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support