Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Suzuki Jimny 5-door: Lebih Asyik Dibawa Offroad daripada Versi 3 Pintunya!

Review

Test Drive Suzuki Jimny 5-door: Lebih Asyik Dibawa Offroad daripada Versi 3 Pintunya!

BOGOR – Suzuki Jimny 5-door (5 pintu) punya beberapa kelebihan dari sisi teknis yang membuatnya lebih enak dibawa berkendara di medan offroad, daripada ‘saudaranya’ Jimny 3-door (3 pintu).

Itulah impresi yang didapat ketika Mobil123.com berkesempatan mengajak Jimny 5-door kotor-kotoran di trek offroad pada Rabu (6/3/2024) di Desa Pelangi, Bogor, Jawa Barat. Adapun tipe yang dibawa ialah transmisi AT (otomatis).

Jimny 5-door sendiri Suzuki luncurkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Harga resminya ialah Rp462 juta sampai Rp478,6 juta on the road (OTR) Jakarta.

Suzuki Jimny 5-door

Trek sepanjang 1,4 km disiapkan untuk mengetes kemampuan Jimny 5-door.

Rutenya menguji daya jelajah sport utility vehicle (SUV) ikonik bermesin bensin 1.5-liter ini di tanjakan dan turunan curam, jalan dengan banyak lubang yang dalam, kubangan lumpur, medan dengan sudut kemiringan nyaris 40 derajat, kolam air yang tinggi, hingga tikungan tajam.

Jimny 5-door masih dilengkapi sistem penggerak empat roda All Grip Pro, dengan kemampuan shift on the fly yang membuat pergantian mode 2H ke 4H bisa dilakukan sambil berjalan. Namun, untuk beralih ke mode 4L, kendaraan mesti berhenti dan gigi harus dinetralkan terlebih dahulu.

Suzuki Jimny 5-door

Wheelbase (jarak sumbu roda) Jimny 5-door yang lebih panjang 340 mm dari Jimny 3-door—dari 2.250 mm menjadi 2.590 mm—menjadikannya lebih stabil dibawa offroad. Radius putarnya, meski membesar dari 4,85 meter menjadi 5,7 meter, masih relatif impresif untuk bodi sebongsor itu.

Approach angle 36 derajat, departure angle 47 derajat, dan brake over angle 24 derajat membuat Jimny 5-door tak mentok melibas tanjakan atau turunan curam. Ini masih ditambah lagi dengan fitur Hill Hold Control (HHC) dan Hill Descent Control (HDC) yang makin memudahkan pengemudian di kondisi tersebut.

“HDC berfungsi di mode 4H dan 4L. Fitur ini menjaga agar mobil melaju di turunan dengan kecepatan maksimal 10 km per jam,” lontar Technical Training 4W PT Suzuki Indomobil Sales Heri Purwoko.

“Fitur ini mainnya di Electronic Stability Programme (ESP) yang mencakup ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), BA (Brake Assist). Di Mode 4L, sistem transmisi diatur juga,” lanjutnya.

Suzuki Jimny 5-door

Kaki-kaki Jimny 5-door tetap mengandalkan 3-link rigid axle dengan coil spring serta travel suspension yang tinggi yang membuatnya bisa santai melaju di jalan dengan ketingggian tak rata atau pun sangat miring.

Fitur Brake Limited Slip Differential (LSD) mengatur dan membagi torsi ke roda yang memiliki traksi dan mengaktifkan rem ke roda yang menggantung.

Dari sisi hiburan, Jimny 5-door dilengkapi Head Unit 9 Inci with Smartphone Connection. Ukurannya lebih besar 2 inci ketimbang Jimny 3-door.

Daftar fitur Jimny 5-door lainnya ialah Rear View Camera, 4 Spots Parking Sensors, 6 Airbags. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang