Test Drive Kia Sportage Diesel

Review

Test Drive Kia Sportage Diesel

JAKARTA – Setelah empat tahun bertahan dengan varian bensin, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) akhirnya menawarkan Kia Sportage diesel. Dengan mesin 2000cc turbodiesel, Kia Sportage tentunya akan memberi kesan berbeda dibandingkan varian bensin.

Dari tampilan eksterior, sesungguhnya perbedaan antara Kia Sportage bensin dengan diesel tidak terlalu kentara. Faktor pembeda hanya dapat dilihat dari bentuk grille, dan roda.

Mesin diesel generasi baru kini menjadi semakin diminati di Tanah Air. Selain menyodorkan torsi besar, mesin jenis ini minim dengan getaran dan tak berisik.

Artikel bersambung dibawah

Mesin 1995 cc dengan teknologi commonrail direct injection sangat mengagumkan.

Oke sekarang kami akan mulai mengisahkan perjalanan kami dengan kendaraan yang dilego seharga Rp 430 juta ini.

Kabin Kia Sportage diesel CRDi

Masuk ke dalam kabin, Kia masih mengandalkan posisi duduk yang cukup rendah. Hal ini sedikit mengurangi visibilitas berkendara. Terutama pandangan ke belakang, dimensi kaca belakang yang terbilang kecil agak menyusahkan saat parkir khususnya.

Berbagai fitur yang sempat kami temukan pada Kia Sportage bensin, tidak terlihat pada versi diesel. Sayang sekali, sejatinya fitur-fitur seperti cruise control, climate control air conditioned dan auto up and down power window dapat menambah kenyamanan berkendara.

Meski mengghunakan keyless entry, untuk menghidupkan mesin Kia Sportage diesel kami harus menggunakan kunci, fitur start and stop button absen.

Persis seperti dugaan kami, dengkur mesin diesel dari Kia Sportage sayup-sayup masuk ke dalam kabin. Inilah kehebatan para insinyur Kia dalam membuat kabin yang senyap. Tanpa ragu kami langsung memacu kendaraan berkelir putih ini.

Mesin Kia Sportage diesel CRDi

Kami sontak terkejut dengan peforma Kia Sportage diesel ini. Dengan hanya menyentuh sedikit pedal gas, mobil ini langsung menunjukkan taringnya. Mesin diesel yang memang mengandalkan torsi besar, semakin menjadi-jadi ketika semakin dalam pedal gas ditekan.

Dengan semburan tenaga sebesar 177 hp dengan torsi puncak 382 Nm, Kia Sportage diesel disebut memiliki kemampuan setara dengan mesin turbodiesel 2500 cc. Hal ini berkat tubuh mobil lebih kecil.

Saat berakselerasi, satu hal yang kami cermati yakni pengendalian mobil. Suspensi depan MacPherson with Coil Spring & Gas Shock Absorber, terangkat terlalu tinggi sehingga pengendalian agak sulit pada awalnya.

Performa Kia Sportage diesel CRDi

Namun dibalik itu, tenaga Kia Sportage diesel tetap terjaga pada putaran menengah hingga atas. Kia Sportage Diesel juga cuma terpaut 20 hp dibanding Sorento diesel yang lebih dulu dipasarkan. Padahal Sorento disokong mesin diesel turbo 2.2-liter.

Meski memiliki tenaga dan torsi berlimpah, Kia Sportage diesel cukup efisien dalam hal penggunaan bahan bakar. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda yang hendak meminang kendaraan ini.

Kapasitas tangki bahan bakar sendiri cukup besar yakni 55 liter.

Menurut kabar yang berhembus, KMI hendak memasukan varian termewah dari Kia Sportage diesel. Ini tentunya menjadi angin segar bagi Anda yang sedang mencari SUV diesel nan handal. [Dew/Syu]

Spesifikasi
Mesin : 2.0-liter Commonrail Variable Turbo Diesel
Kapasitas : 1.999 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Direct Injection
Tenaga Maksimum : 177 hp / 4.000 rpm
Torsi Maksimum : 382 Nm / 1.800-2.500 rpm
Transmisi : 6-speed otomatis
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : Diesel
Kapasitas Tangki : 55
Panjang : 4.440 mm
Lebar : 1.855 mm
Tinggi : 1.635 mm
Sumbu Roda : 2.640 mm
Suspensi Depan : MacPherson with Coil Spring & Gas Shock Absorber
Suspensi Belakang : Multi Link with Gas Shock Absorber
Ban Depan : 225/60 R17
Ban Belakang : 225/60 R17
Fitur lain : Tilt and telescopic steering, projector headlamp, dual SRS Airbags, ABS, EBD, Immobilizer.
Harga : Rp 430 juta on the road Jakarta



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual