Test Drive All-new Honda Brio RS, Antara Tampilan Kenyamanan dan Performa

Review

Test Drive All-new Honda Brio RS, Antara Tampilan Kenyamanan dan Performa

DENPASAR - All-new Honda Brio membawa konsep baru yang tentunya memiliki beragam keunggulan dan hanya menyisakan sedikit pertanyaan.

Serba-serbi all-new Honda Brio akhirnya mencapai puncaknya saat PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini (17-18 Oktober 2018) menggelar acara media drive hatchback andalannya tersebut. Mobil123.com bersama puluhan media nasional dan daerah berkesempatan untuk melakukan ujicoba plus mengeksplorasi mobil ini di seputar wilayah Pulau Bali. 

Ini tentunya merupakan puncak dari rentetan kehadiran resmi mobil yang bermain di dua kelas sekaligus yakni LCGC dan juga City Car. Seperti kita ketahui, di awal 2018 muncul rumor generasi kedua dari Honda Brio dan kemudian muncul sebuah kendaraan konsep bernama RS Concept pada April 2018 di Indonesia International Motor Show) 2018. Selanjutnya HPM mempertegasnya dengan menampilkan versi produksi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 dan kemudian muncul harga jual resmi serta mulai didelevery ke pemesan Oktober 2018.   

Berikut beberapa hal yang dapat kami simpulkan seputar all-new Honda Brio 

Desain Ekterior dan Interior

Seperti kita ketahui bersama all-new Honda Brio memiliki tampilan baru dan punya nuansa berbeda dari generasi pertama. Mobil123.com sudah mengulasnya secara detail pada kesempatan sebelumnya.

Yang menarik untuk disimak adalah desain baru mengundang sedikit kontroversi. Pada titik ini subyektivitas dari mata yang memandang menarik kesimpulannya sendiri-sendiri dan menciptakan 2 pendapat berbeda.

Analogi transformasi dari Honda Civic Wonder dan Nova yang kotak ke Estilo dengan desain bulat rasanya pas untuk menggambarkan perubahan pada all-new Honda Brio. Dari sebelumnya didominasi tarikan garis tegas, kotak dan mungil kini dimensinya lebih besar serta desainnya cenderung lebih dinamis serta modern 

Bagi sebagian kaum puritan bereaksi dan masih senang dengan generasi pertama. Namun sebagian lain menikmati tampilan baru all-new Honda Brio dan memberikan apresiasi. Mobil123.com sendiri lebih senang menyebutnya sebagai Mobilio Hatchback, apalagi jika menyimak varian RS yang berwarna kombinasi orange-hitam. Dan desain ini tentunya memberikan kesan tersendiri terutama bagi Anda yang berjiwa muda.

All-new Honda Brio memiliki dimensi panjang 3.800 x lebar 1.680 x tinggi 1.485, artinya memiliki perbedaan panjang 19 cm dibanding generasi pertama. Dengan lebar serta tinggi sama, praktis memiliki nuansa yang tak jauh berbeda jika generasi terdahulu dan sekarang dibandingkan, terlebih desain dasbornya pun masih sama.

Mobil123.com mencermati beberapa perbedaan pada interior, mulai dari headrest terpisah pada jok baris pertama dan kedua, ruang kaki lebih lapang di baris kedua hingga ruang bagasi yang mampu menampung lebih banyak barang bawaan. Tak ketinggalan, jok baris kedua juga bisa dilipat cukup rata jika dibutuhkan untuk membawa barang ektra.   

Pertanyaan yang mengganjal adalah akses warna orange pada dasbor pada tipe RS. Karena list warna ini tetap berwarna orange jika Anda memilih mobil dengan warna lain. Jika sama-sama orange baik warna ekterior dan interior tentu dapat meningkatkan penampilan. Namun jika warna ekterior Anda abu-abu, putih atau yang lainnya tentun menjadi janggal alias tidak matching.

Performa dan Pengendalian
Setelah hanya mengamatinya sejak GIIAS 2018, berkendara dengan all-new Honda Brio tentu menjadi main course. Apalagi lokasi pengujiannya di seputar Denpasar - Badung dengan kombinasi jalan beragam mulai jalur perkotaan pada, tanjakan dan turunan hingga jalan bebas hambatan.

First impression, Mobil123.com langsung bisa menyimpulkan bahwa mobil ini fun to drive meski baru beberapa saat berada di balik kemudi, secara umum respon mesin tergolong mantap. Apalagi setelah Anda bisa mengenali karakter transmisi CVT yang tidak bisa langsung merespon saat pedal gas diinjak langsung. Urut dengan seksama bukaan gas, seusaikan putaran mesin terlebih dahulu baru injak penuh sesuai kebutuhan.

Respon sedemikian ini membuat all-new Honda Brio cukup lincah saat digunakan diperkotaan yang padat. Anda dengan mudah melakukan manuver pendek, terutama saat melewati kendaraan di depan. 

Jika karakter mesin 1.2-liter i-VTEC dengan transmisi CVT sudah benar-benar dikenali, tentu rasa menyenangkan juga bakal didapat saat Anda melewati jalan menanjak hingga jalur bebas hambatan.

Mobil123.com juga sempat memaksimalkan penggunaan mode transmisi Sport (S) di sepetar tol Bali Mandara. Dan dengan metode yang sama alias tidak langsung menginjak pedal gas tapi mengurutnya, all-new Honda Brio dapat berakselerasi lebih galak. 

Satu hal yang tak kalah menariknya adalah stabilitas dari al-new Honda Brio. Secara umum dengan setting suspensi medium, laju kendaraan terasa bisa sangat terkontrol dan tidak membutuhkan koreksi stir berlebihan saat melakukan manuver. 

Usut punya usut, salah satu penyebab dari kondisi ini adalah datang dari jarak sumbu yang diperpanjang. Jika dibanding generasi sebelumnya, kini lebih panjang 6 cm dan ini adalah salah satu kunci stabilitas.    

Kesimpulan


Versi all-new Honda Brio Satya mungkin nyaris tanpa penantang serius di kelas LCGC. Pertarungan justru berada di kelas city car di mana ada beberapa pesaing serius sebut saja Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis hingga Chevrolet Spark. 

Salah satu tantangan yang menimbulkan pertanyaan adalah perimbangan antara fitur dan harga jual all-new Honda Brio. Ini tak lain karena dengan harga yang cukup tinggi di kelasnya, fitur mobil ini tidak selengkap kompetitor terdekatnya.

Namun all-new Honda Brio memiliki keunggulan pada sisi tampilan baru yang memikat, ruang kabin lebih nyaman, lega plus respon mesin mantap berikut dengan stabilitiasnya. Tak ketinggalan, sebagai LCGC dan City Car dengan keunggulan di atas, mobil ini tentu cocok bagi kawula muda baik pria maupun wanita hingga sebagai kendaraan keluarga muda.

Dan akhirnya, pilihan tetap menjadi hak preogatif Anda, selamat memilih. [Ari]

 

 

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual