Terjebak di Kemacetan dengan Honda Civic Hatchback Turbo

Review

Terjebak di Kemacetan dengan Honda Civic Hatchback Turbo

JAKARTA – Honda Civic Hatchback Turbo telah diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu. Dan Mobil123.com berkesempatan untuk merasakan impresi Honda Civic Hatchback Turbo. Sayangnya, waktu pengujian dilakukan kurang tepat.

Mobil yang sebenarnya memiliki desain serupa dengan Civic sedan tanpa bokong ini hadir dengan dua pilihan tipe yaitu tipe E dan S. Untuk tipe E dijual dengan harga Rp 438 juta dan tipe S dijual dengan harga Rp 399 juta.

Honda menyebut bahwa Civic Hatchback Turbo menggunakan konsep ‘Extremely Sport Design with Innovative Silhouette’. Konsep tersebut membuat tampilan hatchback ini menjadi lebih sporty baik tampilan depan maupun belakang.

Sedikit berbeda dengan versi sedan, versi hatchback ini tidak menggunakan garnish krom pada bemper depan melainkan garnish berwarn hitam. Pemilihan warna ini berhasil membuat tampilan depan Civic lebih sangar. Sementara untuk sisi belakang, Honda menyematkan rear spoiler yang cukup besar sehingga menjadikan mobil terasa lebih agresif.

Sementara pada bagian interior, Honda Civic hatchback Turbo menggunakan konsep ‘Daring ACE Design’. Konsep ini menjadikan pengendara lebih nyaman berkendara karena desainnya yang ergonomis namun tetap memiliki tampilan sporty.

Masuk ke dalam mesin Civic hatchback menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 170 hp dan torsi mencapai 219 Nm perfoma tersebut disalurkan melalui transmisi CVT 7 percepatan. Untuk membuat perfoma lebih maksimal, Honda telah menyematkan fitur paddle shit.

Kesan pertama saat pertama saat berada di balik kemudinya adalah suasan kabin yang cukup lapang. Rasanya lebih seperti suasana sedan ketimbang hatchback.

Jarak pandang ke depan cukup baik meski pilar A terasa sedikit menghalangi pandangan namun masih dalam batas toleransi. Sementara jarak pandang ke belakang justru sedikit terganggu karena terhalang dengan spoiler belakang dan headrest pengumpang belakang.

Namun untuk urusan posisi mengemudi, Civic Hatchback kami akui memiliki keunggulan tersendiri. Civic telah dilengkapi dengan fitur Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sisten 8-way Driver Power Seat Adjuster untuk varian E. Dengan fitur ini maka pengemudi lebih bebas dalam menentukan posisi mengemudi terbaik.

Sekarang tinggal mencoba perfoma mobil ini. Cukup dengan menekan tombol start, maka mesin mobil langsung menyala halus. Yang kami sukai adalah peredaman yang membuat suara dari luar terbilang cukup minim sehingga kenyamanan dalam kabin semakin meningkat.

Tombol rem tangan ditekan dan pedal gas perlahan dipijak dan mobil pun mulai berjalan lembut ke depan. Perjalanan yang kami lakukan memang hanya seputaran Senayan setelah adzan Isya. Memang bukan waktu yang tepat untuk memaksimalkan performanya. Praktis kami hanya sedikit merasakan keunggulan lainnya.

Salah satunya adalah kami bisa mencoba fitur brake hold dengan lebih maksimal. Fitur ini cukup membantu dalam berkendara di tengah kemacetan. Dengan fitur ini, maka mobil tidak maju ketika rem dilepas. Berbeda dengan rem tangan, dengan brake hold ini pengemudi tidak perlu mematikan brake hold ketika maju namun cukup menekan pedal gas saja.

Meski lebar, namun Civic memiliki kelincahan tersendiri. Beberapa kami melakukan manuver ditengah kemacetan termasuk melakukan U-turn di jalan yang sedikit sempit, Civic tetap mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Jalanan memang padat namun sesekali kami menemukan jalanan yang sedikit lengang dan mencoba untuk langsung menekan pedal gas dalam-dalam. Mesin memang menjawabnya dengan akselerasi cepat, namun sekali lagi tidak maksimal karena jalan yang tidak memungkinkan. Kecepatan yang kami capai tidak bisa maksimal. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual