Teknologi Pengereman Otomatis Mobil Dibikin Lebih Murah

Berita Otomotif

Teknologi Pengereman Otomatis Mobil Dibikin Lebih Murah

NEW YORK - Toyota dan Lexus memutuskan akan melengkapi semua model mobilnya dengan teknologi pengereman otomatis (Automatic Braking) yang lebih terjangkau tanpa mengurangi fungsinya.

Ini merupakan langkah besar menuju visi Toyota dan Lexus dalam menghadirkan kendaraan masa depan yang memiliki tingkat keamanan tinggi dan lebih nyaman untuk semua orang. Dengan tawaran murah, maka setiap pemilik mobil Toyota dan Lexus bisa merasakan keunggulan teknologi pengereman otomatis.

Rencananya pabrikan merek Jepang ini akan menyematkan teknologi pengereman otomatis berharga murah pada Toyota RAV4 Hybrid, dan Lexus RX generasi keempat.

Teknologi ini dijuluki Toyota Safety Sense (TSS) dan Lexus Safety System+ (LSS+). TSS sudah tersemat di Toyota Corolla Axio 2016 yang baru saja diluncurkan di Jepang. Teknologi Toyota Safety Sense dan Lexus Safety System+ ini dirancang untuk mendukung kesadaran, pengambilan keputusan pengemudi dan operasional kendaraan.

Mengutip situs resmi Toyotam teknologi ini meliputi Pre-collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (AHB).

Penting untuk diingat PCS ini menggunakan kamera dan laser radar untuk mendeteksi benda-benda di depan kendaraan. Ketika akan terjadi benturan, fitur ini meminta pengemudi melakukan pengereman dengan peringatan audio dan visual. Jika driver gagal untuk rem dalam waktu, sistem akan secara otomatis mengerem, mengurangi kecepatan hingga 30 km/jam. Fitur ini berkerja antara 10 km/jam dan 80 km/jam.

LDA menggunakan kamera untuk mendeteksi marka jalan (warna putih dan kuning). Jika kendaraan mulai menyimpang dari jalur, LDA akan menegur pengemudi dengan audio dan peringatan visual.

Sementara AHB membantu memastikan visibilitas pengemudi baik pada malam hari. Fitur ini menggunakan kamera untuk mendeteksi lampu kendaraan yang mendekat, otomatis lampu kendaraan akan merendah sehingga tidak menyilaukan pandangan pengendara dari arah berlawanan.

Ada juga Pedestrian Pre-collision System. Sistem ini menggunakan radar dan kamera untuk membantu mendeteksi pejalan kaki dalam kondisi tertentu selain kendaraan. Untuk membantu mencegah atau mengurangi tabrakan, sistem akan mengaktifkan peringatan audio dan visual selain melakukan pengereman otomatis. Sistem ini bekerja pada kecepatan 7- 50 mph.

Selain itu ada Dynamic Radar Cruise Control yang bekerja dibantu dengan radar. Jika radar mendetaksi ada kendaraan di depan, maka teknologi ini secara otomatis bisa menyesuaikan kecepatan kendaraan di depan. [Ikh/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support