Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Teknologi Ini Buat Lampu lalu Lintas Ketinggalan Jaman

Berita Otomotif

Teknologi Ini Buat Lampu lalu Lintas Ketinggalan Jaman

CALIFORNIA – Ford tengah mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengendara tidak perlu menghentikan kendaraannya saat lampu merah menyala.

Teknologi yang disebut dengan Intersection Priority Management (IMP) ini menggunakan teknologi vehicle-to-vehicle communications agar sebuah kendaraan dapat berkoordinasi dengan kendaraan lain di persimpangan. Dengan demikian maka bila ada dua kendaraan akan melalui persimpangan yang sama, sistem akan menampilan kecepatan ideal untuk melalui persimpangan sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Dengan demikian maka tidak ada mobil yang harus berhenti di persimpangan. Selain menghemat waktu, Ford juga mengatakan bahwa teknologi ini dapat menghemat bahan bakar karena pengemudi tidak lagi terjabak di lampu merah. Teknologi ini juga menjanjikan peningkatakan keselamatan berkendara karena 60 persen kecelakaan terjadi di persimpangan.

Sistem ini terdengar cukup radikal, tapi Ford mengatakan bahwa mereka mendapatkan ide ini dari bagaimana masyarakat mengatasi jalanan yang padat. Ford pun menjelaskan bajwa pengendara akan melambat atau mempercepat untuk menghindari kecelakaan tapi tidak akan menghentikan kendaraannya di persimpangan.

Sistem ini memang masih dikendarai oleh manusia, namun Ford memastikan bahwa sistem ini juga bisa diaplikasikan pada mobil otonom. Dengan demikian maka pilihan tersebut akan menjadi lebih aman karena kadang manusia akan tak menghiraukan saran dari teknologi sekalipun. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang