Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (4-habis)

Panduan Pembeli

Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (4-habis)

JAKARTA – Setelah domisili kendaraan, eksterior dan interior mobil korban banjir, kini pembahasan terakhir adalah pada bagian mesin.

Anda tak perlu cemas bila harus melakukan pengecekan mesin. Pada bagian ini Anda tidak dituntut untuk menjadi ahli mesin mendadak. Hanya perlu mengindentifikasi sederhana.

Nah sebelum memutuskan membeli mobil bekas dambaan Anda, baiknya perhatiankan poin-poin berikut ini agar Anda terhindar dari membeli kendaraan bekas korban banjir

Cek Kompartemen Mesin


Sebelum Anda mencermati mesin ada baiknya terlebih dahulu memeriksa kompartemen mesin. Terdapat posisi-posisi sulit untuk dibersihkan pada bagian ini dan biasa menjadi tempat persembunyian sisa-sisa endapan lumpur. 

Perhatikan juga garis-garis pengelasan, guratan-guratan halusnya biasanya tampak menguning jika terdapat sisa endapan. 

Cek Mesin Melalui Dipstick Oli


Beralih ke mesin, yang paling mendasar adalah cek apakah masih terdapat air pada bagian dalamnya. Caranya mudah, Anda tinggal mencabut dipstick oli dan lihat apabila berwarna coklat susu berarti masih terdapat banyak kandungan air di dalamnya. 

Kondisi ini terjadi biasanya jika si pemilik tidak melakukan apa-apa pada mesin. Namun jika pemilik sudah melakukan pembersihan seperti melakukan engine flush dan mengganti oli biasanya hal ini tidak tampak. 

Cek Mesin Lanjutan


Untuk memastikan mesin benar-benar telah terbebas dari sisa air Anda bisa melakukan beberapa pengecekan lanjutan. 

Buka tutup pengisian oli, jika terdapat kerak berwarna putih itu berasal dari uap air itu menandakan masih adanya kandungan air pada bagian dalam mesin. Noda kerak tersebut biasanya juga terdapat pada selang udara kecil yang terdapat pada tutup silinder head. 

Jangan lupa perhatikan bunyi mesin saat beroperasi. Banyak mekanik mengatakan apabila engine flush tidak dilakukan dengan baik, biasanya menyebabkan bunyi mesin yang sedikit lebih kasar dari biasanya. Memang hal ini tidak bisa dibuktikan secara objektif tapi setidaknya dapat dijadikan perhatian.

Terakhir, banyak yang mengkhawatirkan kondisi ECU setelah mobil terendam banjir. Namun selama mesin bisa dihidupkan dan engine check lamp tidak menyala maka sejauh ini mobil bekas incaran Anda aman dari kerusakan ECU. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support