Tampang dan Rincian Fitur DFSK Glory i-Auto Bocor Sebelum Meluncur

Berita Otomotif

Tampang dan Rincian Fitur DFSK Glory i-Auto Bocor Sebelum Meluncur

JAKARTA – Glory i-Auto, calon sport utility vehicle (SUV) terbaru dari merek China Dongfeng Sokon (DFSK) untuk pasar Indonesia, belum meluncur secara resmi. Akan tetapi, tampang dan spesifikasinya sudah terlebih dahulu diungkap oleh sang pabrikan asal China.

Sekadar mengingatkan, SUV itu sudah terlebih dahulu diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019. Meski DFSK sudah membeberkan niat meluncurkannya, Glory i-Auto ketika itu baru tampil sebagai pajangan dan bahan survei, untuk mengetahui respons dan ubahan apa yang diperlukan saat masuk ke Indonesia kelak.

Eksekutif DFSK pada November 2019 sudah mengatakan jadwal peluncuran Glory i-Auto mundur, dari akhir tahun tersebut menjadi awal 2020. Terkini, DFSK mengadakan sesi foto dan video terbatas bagi media massa yang dihadiri Mobil123.com pada Rabu (11/3/2020) di Pondok Indah, Jakarta.

Arviane Dahniarny, Public Relations and Digital Manager PT. Sokoindo Automobile, dalam acara mengatakan Glory i-Auto akan meluncur pada April 2020. Ia juga memperlihatkan secara langsung versi terkini dari model yang masih berbasis sama dengan Glory 580 tersebut, serta membagikan data spesifikasi umumnya.

Sedikit Berubah
Ternyata, ada perubahan antara model yang dipajang di GIIAS 2019 dengan yang nanti bakal dijual. Ubahan itu terdapat pada sisi eksterior, khususnya fascia depan.

Grille depan, yang awalnya berupa tiga palang horizontal seperti Glory 580, kini berubah menjadi berbentuk serupa berlian jika terlihat dari jauh. Desain ini, di dunia otomotif, umum disebut sebagai desain ‘Diamond Mesh’ dan kerap dipakai oleh merek-merek premium Eropa maupun Jepang seperti Mercedes-Benz atau Mazda.

Bentuk lampu depan yang tadinya identik dengan Glory 580 juga berubah dengan desain lebih maskulin dengan tiga kisi-kisi berbentuk diagonal. Lampu depan maupun Day-Time Running Light sudah sepenuhnya menggunakan LED.

Bagaimana dengan tampilan belakang?

Emblem garansi tujuh tahun di sisi samping belakang juga kini dipindah ke pintu bagasi. Selain aspek-aspek itu, Glory i-Auto yang bersiap meluncur dengan yang dipajang di GIIAS 2019 masih sama, termasuk desain lampu belakang, pelek, pun tampilan kabin dengan trim aksen kayu plus balutan material kulit di sana-sini.

Mobil123.com sudah mengulas Glory i-Auto di GIIAS 2019. Anda bisa melihatnya di tautan ini.

Fitur-Fitur Menggoda
Glory i-Auto akan punya sederet fitur menggoda, untuk menemani fitur unggulan nan canggih yaitu voice command berbahasa Inggris bernama i-Talk plus Floating Head Unit 6,9 inci. Ada Auto Lighting, Auto Wiper, Power Back Door with Foot Sensor, Vehicle Running Recorder, Electrically Adjustable Front Seats, Crash Auto – Unlocking, Cruise Control, Electric Panoramic Sunroof, Parking Camera 360.

Fitur keselamatan pasif maupun aktif pun berderet. Mulai dari rem cakram di keempat roda, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Tire Pressure Monitoring System, Vehicle Stability Control, empat air bag, Hill Start Assist, Central Door Lock Speed Sensor, Immobilizer, Smart Key.

Sistem penggerak menggunakan milik Glory 580 yaitu mesin bensin 1.5-liter turbo plus transmisi CVT dengan opsi manual 7-percepatan. Tenaganya mencapai 148 hp dengan torsi 220 Nm. [Xan/Ari] 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar