Suzuki Mulai Uji 50 Mobil Listrik

Berita Otomotif

Suzuki Mulai Uji 50 Mobil Listrik

NEW DELHI – Maruti Suzuki (Suzuki India) telah memulai pengujian lapangan atas kendaraan listrik mereka.

Hal ini dilakukan karena mereka telah berkomitmen untuk mengenalkan mobil listrik pada tahun 2020. Pengujian ini resmi dibuka oleh CV Raman, Senior Executive Director (Engineering) Maruti Suzuki.

Sebelumnya, Osamu Suzuki, Chairman of Suzuki Motor Corporation (SMC) mengatakan bahwa pihaknya memang akan melakukan pengujian nasional terkait mobil listrik. Sedikitnya, akan ada 50 unit mobil listrik yang digunakan dalam proyek ini.

Meski saat ini kendaraan listrik yang diuji adalah buatan Jepang, namun nantinya Maruti Suzuki akan memproduksi sendiri mobil tersebut. Ini adalah bagian dari rencana jangka panjang produksi Suzuki di India.

Mobil yang digunakan dalam pengujian adalah CelerioX. Mobil tersebut diharapkan dapat memberi masukan nyata terhadap pengembangan mobil listrik di India. Maruti Suzuki juga akan meminta pendapat masyarakat terkait mobil listrik agar mereka dapat menciptakan kendaraan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

India memang cukup serius dalam mengembangkan pasar mobil listrik di negaranya. Menariknya, produsen otomotif juga memberi sinyal positif terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintahnya.

Salah satunya adalah Maruti Suzuki yang tidak hanya melakukan pengembangan mobil listrik sendiri, tapi juga menggandeng produsen otomotif lainnya. Salah satunya adalah Toyota, produsen mobil asal Jepang yang menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia. Dengan kerjasama antara keduanya maka bukan tidak mungkin pengembangan mobil di India akan lebih cepat dibanding sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar