Suzuki Melirik Segmen SUV Rp 100 Jutaan di Indonesia

Berita Otomotif

Suzuki Melirik Segmen SUV Rp 100 Jutaan di Indonesia

JAKARTA – Suzuki mengaku tertarik ‘bermain’ di segmen sport utility vehicle (SUV) dengan harga Rp 100 jutaan di Indonesia karena pasti akan diterima dengan baik oleh pasar.

Segmen SUV Rp 100 jutaan di Tanah Air saat ini nyaris tidak ada pemain. Satu-satunya pilihan yang masih ada di sana adalah tipe terendah dari DFSK Glory 560. Itu pun di atas Rp 190 juta untuk harga on-the-road (OTR) Jakarta.

Suzuki selalu menyebut Ignis, dengan banderol OTR Jakarta mulai Rp 100 jutaan (Rp 174 - 203 juta per September 2020), sebagai sebuah 'mini urban SUV'. Namun, berdasarkan dimensi dan mesin, model ini dalam data Gaikindo maupun oleh para kompetitor selalu dimasukkan ke dalam kategori city car.

SUV-SUV termurah lain di Tanah Air sudah berbanderol Rp 200 juta ke atas. Nama-nama di dalamnya antara lain ialah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, DFSK GLory 560.


Pasar Indonesia sendiri, menurut Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), adalah pasarnya mobil-mobil murah. Komposisi terbanyak dari pasar roda empat Nusantara adalah model-model entry-level.

“Kalau dilihat, Indonesia ini punya pasar yang agak-agak spesifik. Sebanyak 80 persen pasar otomotif di sini ada di entry-level. Kalau konsumennya bertipe seperti ini,  biasanya mereka price sensitive (masih amat memperhatikan harga—Red) apakah itu penawarannya dalam bentuk hatchback, city car, ataukah SUV,” ujar dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Rabu (30/9/2020) sore.

Indonesia sendiri kini sedang 'ketularan' tren SUV di pasar global. Jika ditambah dengan harga Rp 100 jutaan, ia percaya pasar di Tanah Air akan memberikan sambutan meriah.

“(SUV Rp 100 juta) sudah pasti diterima dengan baik di pasar. Kan saat ini tidak ada. Memang produk-produk breakthrough seperti itu yang memberikan benefit banyak terhadap first car buyer (pembeli mobil pertama) di Indonesia yang pasti bisa diterima di Indonesia,” tukas Donny.

Suzuki, lanjutnya, tertarik untuk merambah segmen tersebut. Namun ia tidak bersedia menjelaskannya lebih lanjut.

Di pasar global, Suzuki punya SUV kompak bernama S-Presso yang dijual di India seharga Rp 100 jutaan. Lagi-lagi, Donny tidak menanggapi ketika model ini disinggung.


“Apakah kami tertarik dengan SUV entry-level dan lain sebagainya, jadi kami sudah menyiapkan produk line up untuk pasar Indonesia. Mohon maaf kami belum bisa ngomong, nih, detailnya kayak gimana. Karena ini terkait dengan strategi korporasi,” papar Donny lagi.

Memasuki segmen-segmen baru di Tanah Air diakui menarik buat Suzuki. Ini juga yang selalu mereka upayakan.

“Kami mencoba untuk serve (melayani) segmen yang beragam. Apabila kami meluncurkan produk, pasti kami tidak ingin memperkeruh air yang ada. Kami ingin memberikan nuansa baru atau bermain di segmen yang baru,” tegas Donny. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar