Esemka Garuda 1 Keduluan SUV Vietnam Bernama VinFast President

Berita Otomotif

Esemka Garuda 1 Keduluan SUV Vietnam Bernama VinFast President

HANOI – Esemka Garuda 1, yang hingga kini belum jelas kelanjutannya, harus mengaku kalah dengan sport utility vehicle (SUV) asal Vietnam terbaru bernama VinFast President.

Merek asal Vietnam VinFast, seperti dilaporkan Carscoops, belum lama ini meluncurkan dan menjual SUV mewah President. Kendaraan yang baru dijual per September 2020 ini hanya dibuat 500 unit.

Esemka, merek mobil asal Indonesia, sendiri sudah kalah berkali-kali oleh VinFast. Sejak meresmikan pabrik di Boyolali pada 2019 hingga sekarang, Esemka hanya punya pickup kecil Bima yang kabarnya timbul-tenggelam. Mobil-mobil prototipe lain yang sempat dipamerkan, termasuk SUV Garuda I, belum jelas kemajuan atau pun rencananya.


VinFast, di sisi lain, telah merilis empat model. Sebelum President, ada sedan Lux A2.0, SUV Lux SA2.0, maupun hatchback Fadil.

Padahal, mereka pun baru mulai memproduksi lokal mobil para 2019 di pabrik Hai Pong. Merek ini dimiliki orang terkaya Vietnam Pham Nhat Vuong.

President hadir sebagai kendaraan termahal VinFast. Banderolnya mencapai USD 164 ribu atau sekitar Rp 2,4 miliar (USD 1 = Rp 14.637,50).


VinFast memproduksi dan menjualnya khusus untuk pasar Vietnam. Dengan harga setinggi itu, para analis menilai bahwa President lebih merupakan produk untuk pamer kemampuan, alih-alih mengincar profit maksimal.

“Mereka ingin menunjukkan kepada warga dunia bahwa Vietnam bisa membuat mobil mewah,” ucap Vu Tan Cong, Deputy General Director of Vietnam Automobile Industry and Trade Consulting.

Kendaraan-kendaraan VinFast dibuat dari komponen-komponen berbagai merek lain seperti BMW maupun General Motors. Ada pula kerja sama dengan Bosch.


VinFast tak hanya ingin membuat mobil, tapi juga bersiap merakit sepeda motor. Sistem penggerak yang mereka ingin hadirkan pun tak cuma yang bermesin konvensional, melainkan pula berdaya listrik.

Pham Nhat Puong sang konglomerat berambisi merambah pasar otomotif global. Ia ingin agar VinFast kelak bisa mengekspor mobil ke berbagai negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Lebih lanjut, VinFast President dibangun di atas basis yang sama dengan Lux SA2.0. Keduanya mendapat suplai platform X5 generasi terdahulu dari BMW. [Xan/Ari]
Mobil konsep dari SUV mahal tersebut, VinFast Lux V8, telah dipamerkan dalam Geneva Motor Show 2019. Di balik kap depan, terdapat mesin bensin dari GM berkapasitas 6.2-liter V8 dengan daya 420 hp serta torsi 624 Nm.

Mesin dijodohkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan plus sistem penggerak empat roda. Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai dalam 6,8 detik dengan kecepatan puncak 300 km per jam. Bagaimana, nih, Esemka Garuda 1? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar