Suzuki GSX-R150 Sabet Gelar FORWOT Motorcycle of the Year 2017

Berita Otomotif

Suzuki GSX-R150 Sabet Gelar FORWOT Motorcycle of the Year 2017

JAKARTA – Suzuki GSX-R150 menyandang gelar FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2017.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengungkapkan, penjualan sepedamotor pada periode Januari – September 2017 sebanyak 4,34 juta unit. Angka tersebut, turun 1,4 persen dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 4,35 juta unit.

Namun, pihak AISI masih optimis, jika penjualan kuda besi di Indonesia masih akan mencapai target, sebesar 5,7 juta unit. Ini terlihat dari para produsen sepedamotor di Tanah Air yang terus berlomba, menghadirkan produk-produk terbaik, guna merangsang daya beli pecinta otomotif.

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) sebagai salah satu stakeholder tak mau tinggal diam, dengan rutin menggelar FMY. Penghargaan tersebut, guna memberikan apresiasi kepada para produsen roda-dua di Indonesia, yang tiada henti menciptakan produk dan inovasi.

Baca juga : Suzuki GSX R150 Cocok untuk Harian

“Kami mencatat, sebanyak 37 motor baru telah diluncurkan selama periode satu tahun (September 2016 hingga Agustus 2017). Kemudian, dilakukan penilaian oleh 25 wartawan otomotif dari media cetak dan online. Untuk tahap pertama penjurian, terpilih lima finalis sepedamotor terbaik, yaitu Honda CRF250 Rally, Honda Scoopy, Suzuki GSX-R15, Yamaha Aerox 155, dan Yamaha XMax,” ujar Arief Aszhari sebagai Ketua Dewan Juri FMY 2017.

Selanjutnya, setelah lima finalis terpilih, dewan juri kembali melakukan penjurian untuk memilih satu motor terbaik di FMY 2017.

Untuk penjurian tahap dua ini, masing-masing juri mendapatkan total 25 poin, dengan kembali memperhatikan aspek Desain, Kenyamanan, Keamanan, Nilai Ekonomis, Handling, Performa, Fungsional, Keramahan Lingkungan, Pengalaman Berkendara, serta Harga.

“Setelah melakukan penjurian yang cukup ketat, akhirnya Suzuki GSX-R150 berhasil menyabet gelar motor terbaik di FMY 2017, dengan mendapatkan 161 point, disusul Yamaha XMax 139 point, Yamaha Aerox 116 point, Honda Scoopy 108 point, dan Honda CRF250 Rally 101 point,” tambah Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan, Suzuki GSX-R150 layak mendapatkan gelar motor terbaik FMY 2017, dengan melihat sejumlah aspek: desain, penyematan teknologi keyless entry pertama di kelasnya, bobot teringan di kelasnya, harga kompetitif, headlight LED pertama di kelasnya, dan respon positif dari pecinta roda-dua Tanah Air.

“Kami harapkan, dengan kemenangan ini menjadi pemicu bagi kebangkitan Suzuki di Indonesia. Selain itu, juga diikuti oleh pabrikan-pabrikan lain untuk menghadirkan motor-motor yang lebih baik dan sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak dapat menutupi kebanggaannya dengan raihan prestasi ini. Apalagi Suzuki GSX-R150 menjadi backbone penjualan mereka bersama varian lainnya yakni Suzuki GSX-S150.

Pemenang FMY 2017

"Penghargaan Forwot Motorcycle of The Year 2017 ini sangat berarti bagi kami, apalagi ini dipilih oleh juri yang merupakan gabungan wartawan nasional. Dan menjadi bukti bahwa produk kami memiliki kualitas terbaik," ujar Yohan Yahya, Sales and Marketing 2W Dept. Head PT SIS.

Penyelenggaraan FMY 2017 yang didukung oleh Pertamina MOR 3, Pertamina Lubricants, dan Asuransi Astra ini bisa dibilang spesial, karena datang dari berbagai segmen roda-dua, mulai dari skuter kecil, skuter besar, dual purpose, serta sport.

Hal tersebut membuktikan, jika pasar sepedamotor di Tanah Air tidak hanya menonjol dari satu segmen saja, dan membuktikan jika kebutuhan terhadap alat mobilitas masyarakat sudah lebih beragam. [Dew/Ari]

Daftar Pemenang FMY:
- 2006 Yamaha Jupiter MX
- 2008 Yamaha V-Ixion
- 2010 Honda MegaPro
- 2012 Honda Vario Techno 125 PGM-FI
- 2014 Yamaha R25
- 2015 Yamaha NMax
- 2016 Honda CBR150R
- 2017 Suzuki GSX-R150



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual