Suzuki Baleno dan Ignis jadi Nominator World Car of the Year

Berita Otomotif

Suzuki Baleno dan Ignis jadi Nominator World Car of the Year

LONDON - Suzuki telah dikenal sebagai ‘ahlinya mobil kecil’ dan dengan bangga mereka mengumumkan bahwa 2 model mereka menjadi nominator di kategori ‘Urban Car’ World Car of The Year 2017.

Untuk memenuhi kualifikasi di kategori ini, kendaraan harus memiliki panjang kurang dari 4 meter, bisa digunakan setiap hari di lingkungan urban dan dijual di minimal 2 benua hingga musim panas 2017. Baleno hatchback memiliki panjang 3,99 meter dan Ignis Mini Crossover hanya 3,7 meter. Dengan ini, mereka mendapat tempat dari 6 model yang masuk dalam kategori sama.

Penjuarian World Car of the Year akan dilakukan oleh 73 wartawan otomotif yang delapan di antaranya mewakili Inggris dan Irlandia.

Baleno pertama kali diluncurkan di India dan dikenalkan di Eropa beberapa bulan kemudian. Ini adalah mobil Suzuki pertama yang telah dilengkapi dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) dan telah dilengkapi dengan baterai lithium-ion serta Integrated Start Generator sehingga sanggup untuk mengurangi emisi CO2.

Baleno juga telah dilengkapi oleh Suzuki dengan mesin Boosterjet turbocharged berkapasitas 1.000cc yang menawarkan emisi gas buang hanya 105g/km dan konsumsi BBM  26 km/liter.

Sementara itu Ignis pertama kali diluncurkan di Jepang untuk pasar domestic dan dilanjutkan dipamerkan pada ajang Paris Motor Show 2016. Desainnya yang menarik ditambah dengan jarak pandang luas, dimensi kompak dan ruang kabin lega menjadi keunggulan tersendiri.

Ignis dilengkapi dengan mesin Dualjet berkapasitas 1.200cc dan akan hadir dengan pilihan four wheel drive. Mobil ini juga sudah ada pilihan SHVS technology yang dapat mengurangi emisi gas buang. Fitur keselamatan pun terbilang banyak diantara adalah Dual Camera Brake Support (DCBS), Lane Departure dan Warning Alert.

Menariknya, kedua mobil tersebut sudah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2016 lalu. Sayangnya, PT Suzuki Indomobil Sales sebagai APM Suzuki di Indonesia belum memastikan kapan waktu kedua mobil tersebut akan diluncurkan.

Namun, berdasarkan sumber kami, kedua mobil tersebut akan diluncurkan mulai tahun depan. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual