Suzuki Andalkan Aplikasi Tangani Lonjakan Konsumen

Berita Otomotif

Suzuki Andalkan Aplikasi Tangani Lonjakan Konsumen

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) fokus untuk memberikan layanan purna jual prima pada saat pandemi.

Pandemi membuat masyarakat tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Namun saat Pemerintah melonggarkan aturan pembatasan atau biasa disebut PSBB Transisi, kondisi jalanan kembali normal. Hal ini ternyata membuat permintaan masyarakat untuk melakukan perawatan berkala meningkat drastis.

Sektor after sales atau purna jual menjadi tulang punggung penjualan SIS di masa PSBB Transisi. Suzuki sendiri dikatakan mengalami kewalahan dalam menghadirkan beberapa kompenen yang dibutuhkan konsumen.

“Memang cukup banyak dealer kami yang tutup sehingga kami mengusahakan spare parts dengan berbagai cara, agar konsumen kami (khususnya roda 2) bisa mendapatkan spare parts dengan mudah,” ucap Christina Yuwantie, Spareparts Department Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) pada sesi konferensi pers bersama FORWOT, Rabu, 8 Juli 2020.

Suzuki menyatakan memanfaatkan teknologi digital untuk bisa menanggulangi kelangkaan spare parts di masa pandemi. Aplikasi My Suzuki yang telah diluncurkan jauh sebelum masa pandemi dikatakan menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut.
Suzuki Andalkan Aplikasi

Lebih jauh, SIM menjamin ketersediaan spare parts unit sepedamotor yang telah stop produksi. Brand asal Jepang ini juga memaksimalkan setiap dealer untuk bisa lebih melayani konsumen, khususnya di masa pandemi yang mengalami kenaikan.

“Kami melakukan review agar dealer wajib menyediakan stok komponen hingga 100 item. Setiap kompenen yang banyak dicari oleh konsumen inilah yang kami perbanyak stoknya. Kami juga tidak membatasi usia kendaraan dalam pembelian spare parts. Kecuali kendaraan tersebut telah discontinue, maka kami wajib menyediakan setidaknya sampai 10 tahun batasannya,” jelasnya kemudian.

Aplikasi My Suzuki saat ini hanya bisa dimanfaatkan oleh para pemilik motor Suzuki. Namun dikatakan bahwa ke depannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk kendaraan roda empat berlogo S. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar