Sultan Sih Bebas, Nekat Terobos Banjir Pakai Lamborghini

Berita Otomotif

Sultan Sih Bebas, Nekat Terobos Banjir Pakai Lamborghini

FLORIDA - Sebuah Lamborghini Huracan Spyder nekat menerobos banjir dan terlihat hampir merendam seluruh bodinya.

Kejadian ini terjadi di negara bagian Florida, Amerika Serikat bagian selatan akhir pekan lalu. Kondisi cuaca di wilayah tersebut memang sedang kurang baik akibat lewatnya badai tropis Eta yang mengakibatkan hujan lebat dan membuat beberapa ruas jalan banjir.

Dalam rekaman video yang diunggah akun Twitter @WFOJoe, tampak Lamborghini Huracan Spyder berwarna kuning nekat menerobos banjir. Kala itu ketinggian air sudah sekitar 1/2 ban, sekitar 50 cm atau nyaris setengah tinggi mobil yang hanya 1.1 meteran.

Terlihat saat 2 sedan yang lebih tinggi menahan diri untuk bergerak maju karena melihat genangan di depannya. Tiba-tiba dari belakang, Lamborghini Huracan Spyder melewati keduanya dan nekat langsung bergerak ke arah genangan air.

Beruntung posisi mesin Lambo berada di tengah. Jadi ketika bonnet membelah air, ruang mesin tergolong aman dari terjangan ombak.

Banjir Lebih Baik di Hindari

Berkendara melewati genangan banjir yang cukup tinggi punya beragam risiko, mulai dari membahayakan nyawa juga dapat merusak mesin dan instrumen pendukungnya. Genangan tentu mengaburkan pandangan dari kondisi jalan di bawahnya belum lagi arus air yang tiba-tiba tinggi juga sangat berbahaya.

Berbicara potensi kerusakan mesin paling parah yang disebabkan banjir adalah water hammer atau hydrolocking. Gejala pertamannya tiba-tiba mesin mendadak mati saat melewati banjir alias mogok yang disebabkan masuknya air ke dalam ruang bakar melalui air intake. 

Kondisi tersebut menimbulkan tekanan besar di ruang silinder oleh piston yang dapat menyebabkan bengkoknya stang piston, rusaknya ring piston, dinding silinder hingga melengkungnya head silinder.

Tentu Lammborghini Huracan Spyder bisa saja mengalami hal tersebut. Jika kejadian tak kebayang betapa rumit dan mahalnya perbaikan yang akan dilakukan.

Kesimpulannya, jika melihat jalanan banjir, sebisa mungkin harus Anda hindari. Intinya cari tempat yang lebih aman menjauh dari banjir, jika terpaksa Anda baiknya mengikuti petunjuk di link ini

Dan sebaiknya jangan membandingkan apalagi meniru langkah pemilik Lamborghini Huracan Spyder tersebut, sultan sih bebas!. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar