Sudah Renta, Sadiaga Uno Ingin Ganti Nissan Grand Livina dengan Toyota Corolla Cross

Berita Otomotif

Sudah Renta, Sadiaga Uno Ingin Ganti Nissan Grand Livina dengan Toyota Corolla Cross

JAKARTA – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengaku tertarik untuk mengganti Nissan Livinanya dengan Toyota Corolla Cross.

Hal tersebut Ia sampaikan di sela-sela kunjungannya ke ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Dalam kunjungan tersebut Ia memang menyempatkan diri untuk mendatangi booth Toyota dan melihat Corolla Cross.

“Nissan Livina itu sudah cukup tua dan renta. Kelihatannya ini (Toyota Corolla Cross) untuk menggantikan kendaaan sehari-hari untuk operasional. Tapi yang kita tunggu bukanlah kendaraan hybrid tetap full electric,” ungkapnya.

Selama ini Sandiaga Salahuddin Uno memang dikenal sebagai pemilik Nissan Grand Livina tahun 2013 dan Nissan X-Trail tahun 2015. Hal ini terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam laporan tersebut tercatat Ia memiliki harta sebesar Rp 5.099.960.524.965. Harta terbesar yang Ia miliki berasal dari Surat berharga yang senilai Rp 4.707.615.685.758. Sementara untuk total harga harta Alat Transportasi dan Mesin hanya sebesar Rp 325 juta.

Toyota Corolla Cross diluncurkan di Indonesia pada 6 Agustus 2020 dalam pilihan mesin bensin dan hybrid. Untuk tipe mesin bensin, Toyota Corolla Cross mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 hp, dengan torsi 171,6 Nm. Sedangkan untuk versi hybrid bisa menghasilkan tenaga sebesar 168 hp, dengan torsi hampir 305 Nm.

Mobil ini hadir dengan dimensi yang cukup compact namun tetap menarik. Toyota Corolla Cross hadir dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Perlu diketahui bahwa Toyota Corolla Cross menggunakan platform TNGA-C yang memiliki kestabilan berkendara lebih baik.

Sementara itu untuk fitur unggulannya, Toyota Corolla Cross memang terbilang cukup lengkap. Ada Audio Steering Switch, AC Digital Dual Zone, Multi Information Display 4,2 inci, Voice Command, Sunroof, Wiper with Rain Sensor, Smart Entry, Auto Fold Mirror, serta Head Unit 9 inci dengan berbagai kemampuan termasuk NFC.

Sedangkan untuk fitur-fitur keselamatannya terdiri dari sistem pengereman ABS+EBD, 3 Pointed Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, 7 Airbag, Hills Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Sensor Parkir Depan dan Belakang, Rear Parking Camera, Immobilizer, Alarm. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar