Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Subsidi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Rp70-80 Juta, Wuling Air EV Rp25-35 Juta

Berita Otomotif

Subsidi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Rp70-80 Juta, Wuling Air EV Rp25-35 Juta

JAKARTA – Besaran subsidi mobil listrik akhirnya jelas, setelah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membocorkannya.

Ketika awal bulan ini mengumumkan rencana pemberian subsidi kendaraan  listrik mulai 20 Maret 2023, pemerintah memang tidak memberitahukan nilai subsidi mobil listrik serta bus listrik.

Saat itu, baru subsidi sepeda motor listrik yang dibeberkan. Nominalnya adalah Rp7 juta untuk 250 ribu unit baru maupun 50 ribu unit konversi sampai dengan penghujung 2023.

Di sela-sela Grand Launching PIDI di Jakarta, Selasa (14/3/2023) kemarin, Agus akhirnya membeberkannya.

Hyundai Ioniq 5 dapat subsidi mobil listrik

Subsidi mobil listrik dari pemerintah mencapai hingga Rp80 juta yang dibatasi untuk 35.900 unit sampai akhir Desember 2023.

Terdapat dua model yang memenuhi syarat mendapatkannya, dengan besaran yang berbeda bagi masing-masing model tersebut.

“Sekitar Rp70-80 juta bantuan pemerintah untuk Hyundai Ioniq 5. Kalau Wuling Air EV, bantuan pemerintah nanti sekitar Rp25-35 juta. Ini masih kami hitung dan akan kami tetapkan segera,” ucap Agus dalam acara tersebut, seperti dikutip dari rekaman pidato dan tanya-jawab yang didapatkan Mobil123.com.

Pemerintah memang menerapkan syarat bahwa subsidi kendaraan listrik hanya diberikan bagi model-model rakitan Tanah Air. Tingkat komponen dalam negerinya (TKDN) pun mesti 40 persen ke atas.

Lalu, teknologi yang diusung wajib battery electric vehicle(BEV/kendaraan listrik murni).

Wuling Air EV dapat subsidi mobil listrik

“Kenapa komponen lokal penting karena kami ingin setidaknya penyerapan tenaga kerja tetap di Indonesia. Merek boleh Hyundai tapi TKDN 40 persen. Artinya, ada banyak penyerapan tenaga kerja di Indonesia,” lontar Agus.

Hanya dua pabrikan mobil listrik yang memenuhi syarat tersebut yakni Hyundai asal Korea Selatan plus Wuling asal China.

Sebelumnya, saat membuka pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 pada Jumat (10/3/2023), Agus sempat mengatakan bahwa bentuk subsidi bukanlah uang. Namun, perkembangannya ternyata berbeda.

Kini, bentuk subsidi kendaraan listrik yang masih belum diberitahukan oleh pemerintah hanya yang ditujukan kepada 138 unit bus listrik sampai akhir tahun.

“Besaran subsidi bus listrik sudah dihitung. Tapi, saya lupa karena itu saya tidak berani,” pungkas Agus. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang