Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Subsidi Mobil Listrik Dipastikan Bukan dalam Bentuk Uang

Berita Otomotif

Subsidi Mobil Listrik Dipastikan Bukan dalam Bentuk Uang

JAKARTA - Bentuk subsidi mobil listrik dipastikan berbeda dengan subsidi motor listrik. Lantas, apa alasan pemerintah belum mengumumkannya?

Pemerintah pada 6 Maret 2023 kemarin mengumumkannya rencana pemberian subsidi bagi motor listrik, mobil listrik, maupun bus listrik mulai 20 Maret 2023.
Hanya teknologi kendaraan listrik murni (battery electric vehicle) rakitan lokal yang berhak mendapatkannya.

Namun, cuma subsidi bagi motor listrik yang diumumkan secara mendetail yaitu Rp7 juta bagi 200 ribu unit baru dan 50 ribu unit konversi untuk tahun ini.

Ketika membuka Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Jumat (10/3/2023), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan alasannya.

"(Subsidi mobil listrik) masih dihitung karena itu akan menggunakan skema yang berbeda," ucap dia di Jakarta Convention Center (JCC).

Satu hal yang Agus pastikan adalah bentuk subsidi mobil listrik bukanlah uang.

"Tidak ada yang bentuknya uang jadi yang kita berikan kepada produsen," tegas dia.

Subsidi mobil listrik sendiri nantinya hanya diberikan untuk 35.900 unit mobil listrik.

Hanya ada dua merek mobil listrik yang memenuhi syarat perakitan lokal dengan tingkat kandungan komponen dalam negeri (TKDN) 40 persen yakni Hyundai serta Wuling.

Adapun merek motor listrik yang memenuhi syarat tersebut ada tiga. Daftarnya adalah Gesits, Volta, plus Selis.

"Kami dari pemerintah memberikan bantuan untuk membangun percepatan pembangunan ekosistem EV (electric vehicle) di Indonesia. Kami melihat bahwa ada beberapa negara yang harus kami lakukan benchmark sebagai kompetitor, sehingga kami harus memiliki regulasi yang kompetitif dari mereka," tutup Agus.

Sebelum ini, pemerintah sudah memberikan beragam insentif fiskal bagi kendaraan listrik. Salah satu contohnya saja adalah tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) ringan sampai dengan 0 persen mulai Oktober 2021. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang