Telisik Harga Baterai Mobil dan Motor Listrik

Berita Otomotif

Telisik Harga Baterai Mobil dan Motor Listrik

Memang sudah bukan rahasia lagi, kalau harga baterai listrik tidak bisa dibilang murah.

Jakarta - Memang sudah bukan rahasia lagi, kalau harga baterai listrik tidak bisa dibilang murah. Alasannya karena baterai merupakan komponen uatama jadi wajar paling mahal pada sebuah kendaraan listrik murni.

Contohnya, harga baterai Hyundai Ioniq 5. Nilainya hampir setengah dari banderol mobil itu sendiri. PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) menjelaskan bahwa baterai yang digunakan pada mobil ini bersifat modular.

Artinya terdiri dari beberapa bagian, kemudian dirangkai menjadi satu. Lebih detail baterai pack untuk varian long-range 72,6 Kwh,terdiri dari empat pack dan sebuah modul.
Kemudian untuk baterai standard pack 58 Kwh, terdiri dari tiga sub baterai pack dan sebuah modul, seperti mobil listrik Hyundai yang lain.

Baterai Ioniq 5 juga dilindungi garansi selama delapan tahun atau 160.000 Km, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Garansi Baterai Listrik

baterai mobil listrik

Konsumen berhak mengajukan klaim garansi, atau sejumlah kondisi. Salah satunya, ketika daya maksimal penyimpanan baterai berada di bawah 70% sebelum masa garansinya lewat.
Kapan kita ganti baterai? Pada saat kita cek di bawah 70%, biaya maksimal penyimpanan Itu konsumen punya hak untuk mengajukan penggantinya ke Hyundai, belum delapan tahun katanya.

Pada kesempatan yang sama pihak HMI juga memberikan informasi kisaran harga baterai Hyundai Ioniq 5, walaupun dan menyebut angkanya secara pasti.
Dijelaskan bahwa harganya hampir menyentuh setengah dibanderol mobilnya, kira-kira 40% harga mobil. Penting diingatkan, bahwa harga tersebut adalah kisaran untuk harga baterai pack secara keseluruhan.

Harga Baterai Motor Listrik

baterai motor listrik

Berlanjut ke harga baterai listrik untuk segmen motor. Ada dua nama motor listrik, Gesits dan Volta yang merupakan pabrikan otomotif asal Indonesia. Dua pabrikan motor listrik itu memiliki produk motor listrik yang mengandalkan baterai untuk sumber tenaganya.

Ternyata baterai motor listrik Gesit dan Volta tersebut, bisa dibeli terpisah untuk cadangan. Bisa dibeli terpisah dijual kisaran Rp7,5 juta, baterai ini bisa dibeli di jaringan dealer resmi atau toko online Gesits.

Diketahui motor Gesit sendiri dalam paket pembelian, sudah termasuk 1 baterai dengan spek MCM 72 full 20 Aha. Selain itu motor listrik ini bisa ditambah satu baterai lagi, karena mempunyai 2 slot baterai. Kemudian untuk motor listrik Volta, baterainya juga bisa dibeli terpisah.

Sebagai tambahan jika pengguna membutuhkan, soal harga baterai motor listrik yang satu ini dijual Rp6 juta. Untuk pembeliannya bisa langsung ke dealer Volta di berbagai wilayah Indonesia. Ada dua slot baterai, satu baterai termasuk dalam paket pembelian dengan spek 60 Volt 23 Ah, sehingga bisa ditambah satu baterai lagi.

Diketahui baterai hanya bisa dipakai bergantian, dengan jarak tempuh satu baterai 50 km. Untuk Gesits satu dan 60 KM untuk Volta.

Demikian informasi kali ini nantikan update informasi lainnya hanya di Mobil123 yah.

 



Tutus Subronto

Tutus Subronto

Head of Media Content iCar Asia Indonesia. Email: tutus.subronto@icarasia.com


Berita Utama


Komentar