Pemesanan Avanza Kalah Telak dari Xpander di Telkomsel IIMS 2019, Ini Komentar Toyota

Berita Otomotif

Pemesanan Avanza Kalah Telak dari Xpander di Telkomsel IIMS 2019, Ini Komentar Toyota

JAKARTA - Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mitsubishi Xpander selama pelaksanaan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 lebih banyak daripada Toyota Avanza dalam selisih cukup banyak.

Toyota serta Mitsubishi memang menjadi dua dari sekian banyak eksibitor Telkomsel IIMS 2019, yang berlangsung pada 25 April - 5 Mei kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mereka pun menyajikan low multi purpose vehicle (LMPV) masing-masing yaitu Avanza maupun Xpander.

Berdasarkan keterangan resmi masing-masing pabrikan usai pameran, diketahui bahwa pemesanan LMPV Toyota tak sebanyak kompetitornya dari Mitsubishi. Avanza membukukan SPK 1.106 unit atau 33,23 persen dari total SPK Toyota untuk seluruh model yaitu 3.328 unit.

Xpander, di sisi lain, berkontribusi 69 persen dari 3.104 SPK yang diraih Mitsubishi bagi semua model kendaraan penumpang maupun niaga ringan mereka. Tidak disebutkan secara gamblang berapa volume Xpander, akan tetapi berdasarkan perhitungan Mobil123.com angkanya sekitar 2.141 unit.

Ketika dimintai tanggapannya mengenai hal ini, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengaku pihaknya memang tidak memasang target dalam keikutsertaan di Telkomsel IIMS 2019. Toyota, menurutnya, juga tidak memindahkan penjualan dari luar pameran ke dalam pameran.

“Kami jualan di IIMS dan di luar IIMS. Kalau ditanya diskon di dalam dan di luar IIMS sama atau tidak, jawaban kami adalah sama saja. Cuma, di IIMS mungkin memang suasananya bisa lebih nyaman dan memang kebetulan di sana sudah ada value chain yang bersiaga dan lain-lain. Tapi sebenarnya kalau dari sisi program, harga, dan lain-lain sama saja sebenarnya di luar dan di dalam,” papar dia dalam wawancara usai Buka Puasa Bersama Media Massa pada Kamis (9/10/2019) di Jakarta.

Anton menambahkan pihaknya mementingkan penjualan secara keseluruhan, baik di dalam maupun di luar event. Ia mengatakan cukup puas dengan penjualan Avanza pada April kemarin.

Persaingan di antara Avanza maupun Xpander memang menarik disimak. Pasalnya, keduanya ialah LMPV paling perkasa di pasar saat ini.

Xpander juga satu-satunya LMPV yang mampu menggoyang keperkasaan Avanza dalam tempo cukup lama di 2018, sebelum akhirnya harus mengaku kalah pada akhir tahun. Tahun ini, model yang kental dengan nuansa desain sport utility vehicle (SUV) tersebut ibarat menyatakan ‘perang’ dengan Avanza dengan menegaskan target menjadi LMPV nomor satu di Indonesia.

Toyota sempat menanggapinya dengan pedas. Pada kuartal pertama 2019 sendiri, Avanza unggul dari Xpander dari sisi penjualan wholesales berkat adanya versi facelift yang meluncur pada pertengahan Januari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support