Avanza Jadi LMPV Terlaris Disusul Xpander, Confero Calon 'Kuda Hitam'

Berita Otomotif

Avanza Jadi LMPV Terlaris Disusul Xpander, Confero Calon 'Kuda Hitam'

JAKARTA - Toyota Avanza menjadi yang paling laris di segmen Low multi purpose vehicle (LMPV) pada kuartal satu (Januari - Maret) 2019, disusul Mitsubishi Xpander. Di sisi lain, pergerakan Wuling Confero yang kini punya varian transmisi semiotomatis menarik untuk disimak di bulan-bulan mendatang.

LMPV merupakan segmen yang paling besar di Indonesia. Model LMPV terlaris pun selalu menjadi model terlaris di pasar otomotif Indonesia.

LMPV saat ini tidak lagi diisi oleh merek-merek Jepang. Sejak 2017, ada pemain baru asal China yaitu Wuling. Adapun para pemain utamanya saat ini adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, All-New Nissan Livina.

Jika pada kuartal satu (Januari - Maret) tahun lalu ada kejutan karena Xpander mengungguli sang raja Avanza, pada periode yang sama 2019 hal itu tak terulang. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Avanza berada di posisi paling atas berkat penjualan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) 19.806 unit.

Xpander berada di belakangnya dengan 19.355 unit, diikuti oleh Xenia dengan 9.907 unit. Selanjutnya ada Suzuki Ertiga dengan 5.847 unit.

Tiga nama terakhir adalah Mobilio, All-New Livina, serta Confero. Jagoan Honda terdistribusikan ke jaringan penjualan sebanyak 3.616 unit, andalan Nissan mencatatkan 2.435 unit, sementara model milik Wuling menorehkan volume 1.511 unit.

All-New Livina sendiri, berdasarkan data Gaikindo, baru dikirim ke pasar pada Maret setelah meluncur pada Januari lalu. Berikut ini adalah urutan LMPV dari teratas hingga terbawah:

1. Avanza 19.806 unit

2. Xpander 19.355 unit

3. Xenia 9.907 unit

4. Ertiga 5.847 unit

5. Mobilio 3.616 unit

6. All-New Livina 2.435 unit

6. Confero 1.511 unit

Makin Seru dan Makin Banyak Pilihan
Pertarungan di LMPV sebenarnya sudah mengetat sejak Agustus 2017, sejak Confero dan Xpander hadir. Namun, memasuki kuartal kedua dan seterusnya, persaingan bakal makin ramai.

Pasalnya, Wuling baru saja memperkenalkan versi transmisi semiotomatis dari Confero. Detail mengenai jumlah tipe transmisi otomatis maupun harganya sendiri baru akan dibeberkan dalam Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April hingga 5 Mei mendatang.

Pameran otomotif tersebut juga akan menjadi peluncuran resmi dari Confero dengan girboks semiotomatis. Bukan tidak mungkin dengan pilihan transmisi ini, Confero akan menjadi kuda hitam di masa mendatang.

Menarik juga mengikuti bagaimana sepak terjang Xpander setelah kuartal satu. Pasalnya, Mitsubishi membebankan target LMPV nomor satu kepada versi produksi dari XM Concept itu pada akhir 2019.

Merek berlogo tiga berlian ini, di Telkomsel IIMS 2019, sebenarnya akan merilis Xpander edisi spesial. Namun, unitnya hanya berjumlah terbatas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support