Toyota Tanggapi Tantangan Mitsubishi dengan Pedas Sambil Ledek Xpander

Berita Otomotif

Toyota Tanggapi Tantangan Mitsubishi dengan Pedas Sambil Ledek Xpander

JAKARTA - Toyota dengan tegas menyatakan siap menyambut ‘surat tantangan’ dari Mitsubishi yang ingin menjadi nomor wahid di pasar otomotif Indonesia mulai tahun ini. Mereka menambah riuh genderang perang dengan menyindir Mitsubishi Xpander.

Perang antara kedua merek ini mengemuka, memasuki akhir kuartal satu 2019. Pada Rabu (13/3/2019) Toyota mengatakan bahwa Mitsubishi Xpander belum pantas dikatakan sebagai ‘pembunuh Toyota Avanza’ di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Pada hari yang sama, selang beberapa jam kemudian, Mitsubishi mengutarakan kepercayaan diri bahwa Xpander bisa menyalip Avanza sebagai LMPV sekaligus mobil terlaris di Tanah Air pada tahun ini. Merek berlogo tiga berlian tersebut juga mengumumkan misi ambisius untuk melengserkan Toyota dari status merek terlaris di Indonesia pada 2019.

Toyota menanggapi hal itu dengan pernyataan yang tak kalah keras.

“Toyota siap meladeni tantangan Mitsubishi,” tegas Fransiskus Soerjopranoto, Executive General PT. Toyota Astra Motor (TAM) via pesan singkat kepada Mobil123.com baru-baru ini.

Soerjo pun optimistis Avanza bakal tetap berada di takhtanya akhir tahun nanti. Ia bahkan meledek jagoannya Mitsubishi di LMPV.

“Xpander seperti tampilan lampunya saja, hanya bikin silau saja” tukasnya.

Tulang punggung penjualan Mitsubishi yang meluncur pada 2017 ini memang bersaing ketat dengan Avanza sepanjang tahun lalu. Xpander sempat menjadi LMPV sekaligus model terlaris di Nusantara selama sembilan bulan pertama, sebelum disalip lagi oleh Avanza.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat luas yang masih mempercayakan Avanza sebagai pilihan terbaik di LMPV,” ucap Soerjo.

Meski Xpander kalah di ‘tikungan akhir’, Mitsubishi tetap mampu menaikkan penjualan 79 persen year on year menjadi 142.861 unit (wholesales) berkatnya. Merek yang menjadi aliansi dari Renault - Nissan ini pun naik menjadi peringkat keempat terlaris di Indonesia.

Xpander sendiri meroket 474,41 persen year on year menjadi 75.075 unit dari sebelumnya 13.070 unit. Model dengan nuansa sport utility vehicle (SUV) yang kental ini juga menorehkan rekor sebagai mobil pertama di Indonesia yang meraih penjualan retail 100 ribu unit hanya dalam 18 bulan setelah meluncur. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support